Gambar 1 - Peluang usaha jasa service elektronik dan prospeknya yang menjanjikan

Usaha jasa service elektronik dapat dimulai dengan modal 1 jutaan. Sementara untungnya bisa dijadikan penghasilan bulanan yang menjanjikan.

Bisnis ini termasuk sektor atau bidang jasa, di mana biaya jasanya merupakan upah utuh yang sebagian besar merupakan pendapatan.

Investasi awalnya juga tidak membutuhkan biaya besar karena hanya berupa peralatan untuk memperbaiki barang elektronik. Terlebih, bisnis ini juga bisa dijalankan dari rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya sewa tempat.

Apabila Anda mau mencoba bisnis perbaikan AC, TV, magic com, kipas angin, barang elektronik lainnya,  maka simak ulasan kami sampai selesai. Kami akan memberikan informasi mengenai peluang hingga analisa SWOT usaha jasa servis elektronik.

Peluang usaha jasa service elektronik dan prospeknya yang menjanjikan

Pembahasan di atas bisa memberikan gambaran pada kita bahwa bisnis ini sangat menguntungkan. Hal ini karena investasi awalnya sangat kecil sementara pendapatan bulanannya sangat besar.

Peluang usaha jasa service elektronik dan prospeknya yang menjanjikan

Sumber foto: Pexels.com

Agar lebih detail, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa prospek bisnis ini cerah dan sangat direkomendasikan:

  1. Modal yang dikeluarkan sangat kecil karena hanya perlu beli peralatan servis saja.
  2. Dapat dijalankan di rumah sehingga tidak perlu tambahan biaya sewa tempat yang akan membebani modalnya.
  3. Boleh pilih tempat strategis jika memang mau usahanya lebih besar. Sangat fleksibel.
  4. Tidak perlu ruang yang luas untuk memulai bisnis jasa servis elektronik ini.
  5. Dapat dikerjakan sendiri tanpa perlu karyawan.
  6. Dapat dikombinasikan dengan bisnis lainnya. Misal berjualan barang elektronik khusus, spare part, peralatan listrik, atau usaha refill air minum.
  7. Persaingannya masih sedikit karena tidak banyak yang punya skill di bidang ini.
  8. Jenis elektroniknya sangat banyak, Anda pilih salah satu atau mau menerima semua jenis servis elektronik.
  9. Pangsa pasarnya sangat luas, mulai dari pedesaan hingga perkotaan, dari area kampung sampai perumahan. Semua butuh jasa ini apabila ada kerusakan pada barang elektroniknya.

Dengan alasan-alasan di atas, peluang ini menjadi sangat menjanjikan dan recommended untuk dicoba.

Akan tetapi, sebelum mencobanya Anda perlu mengetahu lebih jelas mengenai risiko, tantangan, dan kelemahan usahanya agar dapat lebih waspada.

Kelemahan dan kendala dalam usaha servis elektronik

Ada banyak tantangan yang akan dihadapi oleh pebisnis, apa pun jenis usahanya. Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan diri dari awal.

Kelemahan dan kendala dalam usaha servis elektronik

Sumber foto: Pexels.com

Khusus untuk bisnis jasa reparasi barang elektronik, berikut ini beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi:

  1. Diperlukan skill atau keahlian khusus untuk menjalankan usahanya. Yakni kemampuan untuk memperbaiki sesuatu. Jika saat ini Anda belum menguasai skill-nya, sebaiknya pelajari dulu sampai benar-benar mahir sehingga dapat memperbaiki benda-benda elektronik dengan mudah.
  2. Kualitas perbaikan adalah kunci untuk mengembangkan bisnis ini. Apabila belum bisa memperbaiki benda yang dibawa pelanggan, maka mungkin mereka tidak akan mempercayakan lagi barangnya kepada Anda.
  3. Pengalaman memegang peran penting dalam keberlangsungan usaha ini. Semakin banyak pengalaman, orang akan menilai bahwa kemampuan perbaikannya semakin bagus.
  4. Cenderung menunggu barang elektronik orang lain rusak. Apabila tidak ada yang rusak, maka tidak ada yang akan diperbaiki.

Melihat beberapa poin di atas, rasanya usaha jasa service elektronik ini memang cukup sulit dijalankan oleh pemula. Meski begitu, Anda tidak perlu berkecil hati. Masih ada solusi lain yaitu dengan mempekerjakan karyawan yang sudah berpengalaman.

Strategi sukses berbisnis servis barang elektronik

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memulai bisnis servis elektronik:

Siapkan modal

Pertama, silakan siapkan modal. Mulailah dengan menyiapkan uang untuk membeli peralatan untuk servisnya.

Lokasi yang strategis

Meski termasuk dalam bisnis rumahan, tapi sebaiknya pilihlah tempat yang strategis untuk memulai usahanya. Hal ini dilakukan agar bisnis Anda mudah dikenal orang dan akan mendapatkan banyak pelanggan dalam waktu singkat.

Akan sangat menguntungkan jika rumah atau tempat tinggal Anda terletak di area yang strategis, misalnya di pinggir jalan. Sebab dengan begitu Anda tidak perlu sewa tempat lagi.

Pasanglah papan nama

Agar makin dikenal, cobalah pasang papan nama di area usaha Anda. Jangan lupa beri informasi mengenai jasa yang diberikan dan kontak yang dapat dihubungi.

Tempuh pemasaran online dan offline

Bila tempat usaha dan peralatannya sudah siap, mulailah dengan melakukan teknik pemasaran baik secara online maupun offline.

Untuk pemasaran offline, Anda dapat melakukannya dengan memberikan promo soft opening kepada tetangga atau mencantumkan info harga murah di toko. Mulailah memberikan layanan dengan baik sehingga marketing mulut ke mulut akan terjadi tanpa Anda sadari.

Untuk pemasaran online, Anda bisa melakukannya dengan cara membuat situs khusus servis. Selain itu, pasarkan juga melalui media sosial seperti instagram, facebook, hingga whatsapp.

Khusus untuk layanan online, Anda harus siap menerima usaha jasa service elektronik panggilan atau keliling kampung agar mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Kualitas adalah kuncinya

Berikanlah kualitas terbaik pada seluruh jasa perbaikan yang Anda terima. Jangan sampai ada kesalahan apalagi justru merusak barang yang diperbaiki di tempat Anda.

Kombinasikan dengan bisnis lainya

Anda tidak bisa terus menunggu kerusakan elektronik dari calon pelanggan. Maka dari itu, agar keuntungan tetap terus berjalan, Anda harus mengombinasikan bisnisnya. Misalnya dengan menjual alat listrik atau jual produk elektronik rumahan.

Kalau belum ada dana tambahan, Anda bisa buka pesanan elektronik secara pre order.

Analisa usaha servis elektronik yang lengkap

Analisa usaha servis elektronik yang lengkap

Sumber foto: Pexels.com

Agar lebih jelas mengenai bisnis ini, berikut kami sajikan perhitungan modal, pendapatan, keuntungan, hingga estimasi BEP-nya:

Modal bisnis yang harus disiapkan

Sebagaimana disebutkan di atas, modal bisnis ini sangat kecil. Bahkan dengan uang 1 jutaan, Anda sudah dapat mulai usahanya. Berikut ini adalah estimasi dan perhitungan rincinya:

  • Beli perlengkapan dan peralatan lengkap seharga Rp 500.000,-.
  • Biaya untuk membeli peralatan tambahan (biaya lain-lain) senilai Rp 200.000,-.
  • Etalase atau rak untuk menyimpan alat-alat dan produk servis seharga Rp 500.000,-.

Dengan kebutuhan perlengkapan dan alat di atas, maka Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 1.200.000,- untuk memulai bisnis ini.

Modal di atas dihitung tanpa biaya sewa tempat karena diasumsikan Anda mengerjakan semua jasanya di rumah atau menerima servis panggilan.

Biaya operasional bulanan

Berikutnya, Anda perlu menghitung biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap bulan agar proses bisnisnya terus berjalan. Berikut ini komponen-komponennya:

  • Biaya listrik senilai Rp 250.000,-.
  • Kuota internet dan pulsa seharga Rp 150.000,-.
  • Transportasi dianggarkan Rp 150.000,-.
  • Lain-lain Rp 100.000,-

Artinya, total biaya bulanan yang harus Anda siapkan adalah senilai Rp 650.000,-.

Biaya di atas bisa mengalami pembengkakan apabila tiba-tiba saja ada kebutuhan tak terduga.

Pendapatan yang dapat diperoleh

Dimisalkan dalam sehari Anda bisa menyelesaikan 5 barang elektronik dengan upah jasa antara Rp 20.000,- sampai Rp 40.000,-, maka pendapatan hariannya adalah antara Rp 100.000,- sampai Rp 200.000,-.

Jika dalam sebulan, Anda tidak pernah libur, maka pendapatan bulanannya adalah:

30 x Rp 100.000,- sampai Rp 200.000,- = Rp 3.000.000,- sampai Rp 6.000.000,-.

Jika diambil nilai tengah dari rentang pendapatan bulanan di atas, maka ditemukan nilai Rp 4.500.000,-.

Keuntungan servis elektronik

Karena pendapatan bulannya Rp 4.500.000,- dan biaya operasional bulanannya adalah Rp 650.000,-, maka keuntungan per bulannya adalah Rp 3.850.000,-.

Artinya, modal awal yang Anda keluarkan akan langsung BEP di bulan pertama.

Demikian analisa usaha jasa service elektronik dan estimasi BEP-nya. Perhitungan di atas merupakan perkiraan yang bisa mengalami perubahan sesuai dengan keadaan di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here