Tips Memilih Shampoo Sesuai dengan Jenis Rambut

by admin_jack
Tips Memilih Shampoo Sesuai dengan Jenis Rambut

Shampoo merupakan salah satu media perawatan untuk rambut Anda, karena dengan menggunakannya secara rutin ketika melakukan keramas, rambut Anda bisa lebih sehat, harum, dan terhindar dari berbagai masalah rambut, seperti ketombe, rambut rontok, hingga rambut yang berminyak.

Akan tetapi tidak semua orang memiliki jenis rambut yang sama. Misalnya, mereka yang memiliki rambut berminyak memiliki tekstur rambut yang lebih lepek, karena produksi minyak yang berlebih di kulit kepala. Sebaliknya dengan rambut yang kering, produksi minyak tidak bisa maksimal, membuat rambut dan kulit kepala menjadi kering dan mengakibatkan rambut mudah patah.

Guna menghindari berbagai masalah rambut dan membuatnya makin sehat, Anda harus memilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambut. Ini akan membuat rambut mendapatkan nutrisi yang di butuhkan, sekaligus mengatasi masalah pada kulit kepala dan rambut Anda. Berikut merupakan tips dan langkah mudah untuk memilihnya.

Rambut dan Kulit Kepala Kering

Untuk Anda yang memiliki rambut kering karena kulit kepala yang tidak maksimal dalam mengeluarkan sebum, sebaiknya pilih jenis produk shampo yang memiliki bahan yang menghidrasi rambut. Selain merangsang adanya minyak di kulit rambut, ia juga bisa melembabkan dan membuat kulit kepala tidak mengalami dehidrasi.

Jika kulit kepala terlalu kering, ketombe akan menjadi masalah yang sering muncul. Rambut yang kering juga lebih mudah patah, bercabang, dan rontok. Sebaiknya Anda menghindari produk yang memiliki bahan untuk menambah volume rambut, karena kemungkinan akan membuat produksi minyak menjadi tidak seimbang.

Rambut dan Kulit Kepala Berminyak

Shampoo yang tepat untuk kulit kepala jenis ini adalah produk yang bisa mengurangi kelebihan minyak pada rambut. Minyak berlebih bisa membuat rambut menjadi lepek, karena itulah pilih produk yang bisa menambah volume rambut dan memperkuat akar rambut Anda. Jenis rambut ini biasanya di miliki oleh mereka yang tinggal di negara tropis.

Tips untuk Anda yang memiliki jenis rambut ini adalah membiarkan sisa shampo mengendap sedikit lebih lama di kulit kepala, sekitar satu sampai dua menit. Produk yang tepat bisa mengurangi minyak di kulit kepala Anda. Jangan lupa membilasnya sampai bersih agar tidak meninggalkan sisa, yang akan mengakibatkan ketombe basah.

Rambut dan Kulit Kepala Normal

Kondisi rambut dan kulit kepala normal, biasanya mengikuti perubahan musim di tempat Anda tinggal. Pastikan Anda mengetahui keadaan kulit kepala Anda sebelum menggunakan produk pembersih rambut. Jika rambut sedang kering, gunakan produk yang menghidrasi. Hal yang sama ketika ketombe dan minyak berlebih mulai muncul, gantilah produk Anda dengan jenis yang sesuai.

Anda bisa menyesuaikan dan mengganti jenis shampoo Anda sesuai dengan keadaan musim dan kulit kepala. Pastikan bahwa produk tersebut memberikan nutrisi yang tepat dan tidak merusak keadaan dan kulit kepala Anda.

Selain itu, ketika hendak memilih produk pembersih rambut, jangan terpaku dengan jenis merek. Beberapa produk pembersih rambut menggunakan bahan khusus untuk jenis rambut tertentu, sehingga harga yang di tawarka lebih mahal daripada yang lain. Jenis yang seperti ini biasanya Anda temukan di salon kecantikan dan perawatan rambut.

Anda bisa menggunakan produk selain shampoo untuk merawat rambut, berupa kondisioner dan vitamin rambut. Jika digunakan secara rutin, rambut Anda akan lebih sehat, lembut, dan mudah diatur. Ingat untuk melakukan keramas secara rutin, dua sampai tiga kali seminggu untuk menjaga kebersihan rambut, agar tetap wangi dan tidak berketombe.

 

related articles

Leave a Comment