Strategi Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil

by admin_jack
Rental Mobil

Selain bisnis makanan dan minuman, salah satu lini bisnis yang cukup menjanjikan saat ini adalah rental mobil. Dengan menyikapi pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat sekarang ini banyak yang memerlukan aktifitas dengan mobilitas tinggi, maka tidak heran jika bisnis dibidang jasa seperti rental mobil layak untuk di bidik sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Apalagi di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota besar lainnya di Indonesia. Untuk bisnis rental mobil Jakarta misalnya saja, kebutuhannya sangat tinggi karena diperlukan tidak hanya oleh pelanggan individu, tetapi juga jasa rental mobil ini banyak dicari oleh kalangan korporat, baik untuk urusan logistik ataupun transportasi karyawannya.

Lantas bagaimana jika Anda masih awam dalam bisnis ini kemudian ingin terjun menjalankannya. Maka dari itu, kali ini kami akan merangkum beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui saat menjalankan rental mobil!

 

Menentukan Model Bisnis Rental Mobil yang Akan Dijalankan

Sebelum Anda menjalankan bisnis rental mobil, Anda perlu merencanakan model bisnis yang akan dijalankan. Apabila Anda masih belum begitu familiar dengan model bisnis rental mobil, berikut beberapa contoh yang dapat rangkum dari beberapa sumber:

  1. Membuka bisnis rental mobil lengkap dengan beberapa aset mobil dan kantor pelayanan
  2. Menyewakan mobil pribadi secara mandiri kepada jaringan pertemanan Anda
  3. Menitipkan mobil pribadi ke bisnis rental mobil yang terpercaya untuk disewakan
  4. Membuka jasa rental mobil dan menerima penitipan mobil untuk Anda sewakan
  5. Membantu mencarikan mobil sewaan yang dibutuhkan oleh konsumen
  6. Menerima penitipan mobil untuk disewakan

Dari keenam alternatif tersebut tentunya memiliki keuntungan dan kelemahannya masing-masing. Anda dapat memilih model bisnis rental mobil yang disesuaikan dengan kondisi eksternal serta internal. Membuka bisnis rental mobil membutuhkan modal yang cukup besar sehingga model bisnis yang Anda tawarkan tentu tak boleh main-main.

 

Tentukan Harga Sesuai Pasaran

Selanjutnya, buatlah riset harga yang disesuaikan dengan daya beli pasar. Hal ini penting dilakukan tidak hanya dalam bisnis rental mobil saja, melainkan bisnis-bisnis lainnya. Harga menjadi salah satu pertimbangan pasar untuk membeli sebuah produk. Untuk itu, buatlah riset sebelum memutuskan harga akhir yang akan ditawarkan ke konsumen. Jangan melakukan hal nekat dengan membuat harga yang terlampau mahal, karena bisa jadi Anda akan kehilangan konsumen.

Dalam hal ini disarankan bagi semua pelaku bisnis untuk sesekali memberikan harga promo dan diskon setidaknya di bulan-bulan pertama pembukaan. Hal ini dilakukan untuk bisa menarik konsumen agar memilih menggunakan rental mobil Anda daripada rental mobil lain Anda bisa membuat penawaran yang menarik sesuai dengan kreativitas Anda.

 

Pilih Mobil yang Banyak Diminati

Penting untuk diketahui bahwa Anda akan membangun bisnis yang berkorelasi dengan mobil, maka dari itu pemilihan kendaraan menjadi nilai esensial bagi para konsumen. Sebelum membeli mobil, cobalah pilih jenis mobil yang banyak diminati pelanggan di daerah Anda. Biasanya pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis MPV yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang irit. Mobil yang paling banyak diminati biasanya seperti Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dan lain sebagainya. Setelah memilih mobil yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil dan juga harga belinya.

 

Bekerjasama Dengan Aplikasi Traveling

Di zaman yang serba digital saat ini, semua aktivitas dapat dilakukan secara online termasuk rental mobil. Anda tentu menyadari besarnya pengaruh aplikasi traveling terhadap keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk, untuk itu bekerjasama dengan aplikasi traveling menjadi salah satu strategi yang dapat Anda terapkan.

Dengan bekerjasama dengan aplikasi ini Anda tidak perlu memikirkan promosi yang besar-besaran karena aplikasi ini akan membantu Anda melakukan hal tersebut. Tak hanya itu, konsumen juga diuntungkan dengan adanya promosi yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

 

Jangan Lupa Untuk Membuat Risk Management yang Tepat

Perlu Anda ketahui bahwa rental mobil merupakan bisnis yang memiliki tingkat risiko cukup tinggi. Banyak hal yang mungkin terjadi saat konsumen menyewa aset Anda, bisa kecelakaan, lecet, rusak, atau bahkan dibawa kabur.

Sebenarnya hal ini bisa saja anda cegah dengan menahan kartu identitas penyewa dan juga meminta uang jaminan atau minimal anda mengetahui seara akurat tetang profil penyewa. Selain itu, meletakkan tracker dalam mobil Anda bisa jadi solusi tepat agar Anda dengan mudah memantau lokasi mobil.

Untuk masalah mobil rusak bisa anda bisa mengatasi dengan asuransi kendaraan bermotor. Sedangkan jika armada mobil Anda banyak yang kotor karena musim hujan atau pemakaian di area berlumpur, Anda bisa outsourcing jasa cleaning service untuk membersihkan seluruh armada mobil sekaligus, tanpa harus mencucinya satu per satu.

Inilah beberapa informasi mengenai strategi sukses untuk mulai menjalankan bisnis rental mobil. Jika Anda benar-benar serius memulai bisnis rental mobil maka tak ada salahnya untuk mengetahui dan menerapkan rangkaian informasi strategi bisnis diatas.

related articles