Gambar 1 - Prospek dan peluang usaha jasa animasi

Peluang usaha jasa animasi masih sangat besar di Indonesia. Bisnis ini sangat menjanjikan saat ini dan di masa yang akan datang.

Perkembangan dunia digital di dalam dan luar negeri menjadi alasan kenapa potensi bisnis ini luar biasa. Di samping itu, banyak sekali orang yang membutuhkan animasi. Mulai dari hal-hal yang sederhana seperti pembuatan logo atau iklan, hingga yang besar seperti film.

Namun perlu diingat bahwa bisnis ini bukanlah “One Man Show”. Anda harus menjalankannya dengan partner terbaik supaya dapat menghasilkan karya yang bagus dan laku di pasar.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai peluang bisnis jasa animasi. Selamat menyimak.

Prospek dan peluang usaha jasa animasi

Prospek dan peluang usaha jasa animasi

Sumber foto: Unsplash.com

Seperti yang disampaikan di atas, usaha ini memiliki banyak sekali kelebihan yang dapat dimaksimalkan agar dapat menghasilkan banyak uang. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat bisnisnya berpeluang besar bila dikembangkan:

  1. Persaingannya tidak terlalu besar karena tidak semua orang dapat membuat animasi.
  2. Pangsa pasarnya cukup tinggi. Buktinya, banyak sekali perusahaan, toko online, hingga lembaga pemerintahan yang menggunakan animasi untuk berkampanye. Bentuknya bisa dalam iklan atau video informasi biasa. Bahkan, Anda juga mungkin dapat pesanan dari Youtuber atau minimal diajak bekerja sama untuk proyek pembuatan animasi tertentu.
  3. Sistem penjualan atau pemasaran animasinya juga beragam. Anda dapat membangun studio untuk membuat animasi yang dijual langsung ke end user. Bisa juga membuat film animasi hingga mendirikan sekolah atau mengadakan seminar-seminar.
  4. Harga jasanya lumayan tinggi dengan profit margin yang besar. Harga paketnya selalu jutaan, tidak ada yang di bawah itu.
  5. Anda dapat menjadi Youtuber sendiri dengan membuat konten animasi anak.

Sebagian besar prospeknya memang berhubungan dengan pangsa pasar dan tingkat persaingan. Meski begitu, masih banyak hal lain yang mungkin dapat Anda kembangkan. Terlebih, animasi kini sudah diakui sebagai salah satu karya kreatif anak bangsa.

Kelemahan dan tantangan membangun bisnis jasa animasi

Agar dapat menjalankannya dengan penuh rasa percaya diri, Anda harus siap dengan setiap tantangan yang mungkin dihadapi selama menjalankan usahanya. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin perlu Anda siapkan atau waspadai:

  1. Diperlukan skill khusus untuk memulai usahanya. Keahlian ini pun tergolong unik karena belum banyak orang yang mempelajarinya. Sekolah animasi dulu masih terbatas tak seperti sekarang. Berbeda dengan di luar negeri yang sejak dulu memang banyak pelatihan dan sekolahnya.
  2. Modal yang diperlukan cenderung besar karena butuh peralatan yang keren dengan harga puluhan juta rupiah untuk satu unit. Perlengkapannya pun cenderung beragam dan tidak hanya bisa dibeli satu dua saja.
  3. Seperti yang diungkapkan di atas, peluang usaha jasa animasi bukan bisnis “One Man Show” yang dapat dikerjakan sendirian. Anda membutuhkan tim andal yang saling mendukung satu sama lain.
  4. Menemukan SDM andal sebagai tim juga bukan perkara mudah.
  5. Bukan sebuah bisnis yang dapat dikerjakan sampingan atau rumahan. Bila sudah terjun, maka harus dijalankan dengan serius agar tidak merugi.
  6. Kemungkinan Anda tidak dapat mengombinasikan bisnis ini dengan usaha lain karena harus fokus.

Meski tantangannya cukup banyak, bukan berarti bisnis ini tidak dapat dijalankan. Anda tetap bisa mencobanya dengan keyakinan penuh.

Cara mendirikan studio animasi atau menjalankan bisnis jasanya

Cara mendirikan studio animasi atau menjalankan bisnis jasanya

Sumber foto: Pexels.com

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu persiapan yang matang. Berikut ini kami sajikan beberapa informasi mengenai cara menjalankan bisnisnya. Sejak tahap persiapan sampai bisnisnya dapat berjalan.

Do what you love

Hal pertama yang harus jadi bekal adalah rasa suka dan cinta pada animasi. Bagaimana pun, ini adalah bisnis kreatif yang memerlukan ide setiap saat. Agar orang dapat mencintai hasil karya Anda, maka sudah seharusnya Anda suka dengan hasil karya sendiri.

Semua itu dapat didapatkan apabila dari awal Anda mencintai pekerjaan ini. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan hal-hal indah yang penuh inovasi.

Selain itu, dengan bekal rasa suka, Anda juga punya energi lebih untuk menjalankan usahanya. Saat ada tantangan seperti apa pun, Anda akan siap mengatasinya dengan penuh percaya diri dan semangat pantang menyerah.

Menguasai skill

Selanjutnya, pastikan Anda sudah menguasai skill membuat animasi. Ini adalah bekal yang paling penting sebab tanpa ini bisnisnya tidak akan berjalan.

Skill yang diperlukan pada bisnis ini tidak seperti kemampuan dalam peluang usaha bumbu masak instant yang dapat dipelajari dengan mudah.

Anda memerlukan waktu yang cukup banyak untuk menguasai ilmunya sampai benar-benar mahir. Baru setelah itu, Anda dapat membuka bisnisnya.

Siapkan modal dan perlengkapannya

Bila sudah siap, maka silakan siapkan modal untuk membuka usahanya. Memang jumlahnya tidak sedikit. Maka dari itu, Anda bisa mengajukan proposal untuk mendapatkan suntikan dana dari investor.

Saran kami, saat Anda mengajukan proposal pada investor, pastikanlah bahwa isi proposalnya jelas. Mulai dari persiapan sampai perhitungan analisa biaya-biayanya. Pastikan juga Anda memasukkan unsur perhitungan pendapatan agar lebih meyakinkan.

Bila sudah dapat dananya, silakan belanja perlengkapan dan mulailah membuat studio animasi sesuai kebutuhan dan rencana.

Anda mungkin butuh software hingga hardware mahal, tapi yang tak kalah penting dari itu adalah tempat yang nyaman untuk bekerja.

Bentuklah tim yang andal dan solid

Tentukan dengan jelas konsep bisnis Anda dan mulailah membentuk tim yang andal dan solid. Mencari SDM yang andal memang tidak semudah membalik telapak tangan. Jadi, silakan coba buka lowongan secara online.

Pastikan juga orang di sekitar Anda tahu mengenai kebutuhan SDM tersebut agar dapat membantu.

Jika sudah menemukan SDM-nya, bentuklah tim yang solid dan dapat bekerja dengan baik untuk menciptakan hal-hal baru yang kreatif.

Pasarkan produk dengan konsep yang jelas

Pemasaran adalah hal terpenting di sini. Pertama adalah agar usaha jasa animasi Anda dikenal. Kedua agar produknya dapat laris di pasaran.

Anda bisa mulai membuat contoh produk kemudian memasarkannya secara online. Mengajak kerja sama perusahaan, toko online, atau menerapkan pemasaran aktif secara door to door juga dapat dilakukan.

Kalau belum ada yang melirik, silakan buat konten Youtube dengan ide-ide yang menarik supaya banyak penontonnya. Ini juga bisa menghasilkan uang.

Analisa peluang usaha jasa animasi, modal hingga pendapatannya

Analisa peluang usaha jasa animasi, modal hingga pendapatannya

Sumber foto: Pexels.com

Modal yang harus Anda siapkan cukup banyak. Berikut ini estimasinya:

Modal

Siapkan alat-alat seperti komputer dengan spesifikasi andal, flatbed 2D scanner, midi port, sound card, video capture card, light table, cermin, CD blank, pelubang kertas, mainan action figure atau manekin, CD atau DVD writer, dan perlengkapan lainnya.

Bila harga komputernya saja Rp 20.000.000,- dan perlengkapan lainnya dianggarkan Rp 10.000.000,-, maka jelas bahwa modalnya mencapai Rp 30.000.000,- untuk hardware.

Selanjutnya, Anda juga butuh software inti dan penunjang. Misalnya, dianggarkan Rp 7.000.000,- sehingga total semuanya 37 juta rupiah.

Biaya operasional

Dalam sebulan, Anda perlu mengeluarkan uang untuk mengeluarkan dana untuk:

  • Karyawan 3 x Rp 2.000.000 = Rp 6.000.000,-.
  • Listrik, air, pulsa, dan kuota internet. Anggarannya Rp 400.000,-.
  • Sewa tempat per bulan Rp 700.000,-.
  • Lain-lain Rp 300.000,-

Dalam sebulan, Anda membutuhkan dana 7,4 juta.

Pendapatan

Bila Anda berhasil mendapatkan 10 klien dalam satu bulan dengan upah jasa per klien Rp 1.100.000,- maka pendapatan per bulannya adalah:

10 x Rp 1.100.000,- = Rp 11.000.000,-.

Keuntungan

Artinya, keuntungannya adalah sekitar Rp 3.600.000,- per bulan.

BEP

Dengan dana ini, Anda dapat mengembalikan investasi awal dalam kurun waktu 11 bulan.

Demikian informasi tentang peluang usaha jasa animasi. Perhitungan di atas adalah perkiraan sehingga sangat mungkin terjadi perubahan di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here