Manfaat Pelatihan dan Sertifikasi K3 dalam Dunia Kerja

by admin_jack
Manfaat Pelatihan dan Sertifikasi K3 dalam Dunia Kerja

Manfaat pelatihan dan sertifikasi K3 dalam Dunia Kerja. K3 adalah kesehatan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sesuai dengan kepanjangannya, K3 memiliki tujuan untuk melindungi kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan pekerja di dalam lingkungan atau lokasi kerja. Selain pekerja, K3 juga bertujuan melindungi konsumen, keluarga pekerja, dan orang lain yang berada di lingkungan kerja tersebut.

Pada praktiknya, K3 dapat berupa pemberian hukuman atau sanksi bagi pekerja yang melakukan pelanggaran yang dilakukan, melakukan perawatan dan penyembuhan luka jika ada pekerja yang sakit, dan melakukan pencegahan dengan cara pendekatan interpersonal kepada pekerja. Dengan bahasa sederhana, K3 berguna untuk meminimalisir kecelakaan dalam bekerja.

Prospek dari lulusan pelatihan dan sertifikasi K3 saat ini tidak hanya bekerja di dunia pertambangan dan gas saja, tetapi bisa juga menjadi PNS K3. Selain itu, ada beberapa peluang lain seperti berikut:

 

Manufacture

Lulusan K3 apalagi memiliki sertifikat K3, bisa bekerja di pabrik atau perusahaan berbagai bidang seperti farmasi, mesin, dan sipil.

 

Konstruksi

Proyek konstruksi seperti pembangunan jalan, bandara, gedung, dan lain-lain membutuhkan lulusan K3. Lulusan K3 dari universitas tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak perusahaan konstruksi yang membutuhkan lulusan K3.

 

Textile

Perusahaan tekstil dan garmen sangat membutuhkan lulusan K3. Mereka membutuhkan tenaga profesional yang mampu mengatasi atau menangani resiko kerja yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

 

Rumah Sakit

Berdasarkan keputusan yang sudah ditetapkan, lulusan K3 bisa bekerja di rumah sakit, apotek, puskesmas, atau bidang kesehatan lain seperti farmasi.

 

Dosen

Lulusan K3 juga bisa menjadi dosen atau tenaga pengajar di kampus dengan syarat harus sudah lulus strata dua. Saat memilih jurusan pada strata dua, Anda bisa memilih K3.

Saat ini setiap sektor industri juga perusahaan wajib memiliki tenaga ahli lulusan K3 yang sudah bersertifikasi. Oleh karena itu, peluang kerja lulusan K3 sudah sangat banyak.

Pelatihan dan sertifikasi K3 sangat dibutuhkan oleh seseorang yang ingin menjadi tenaga ahli K3. Tujuannya adalah untuk mengasah kemampuan atau skill dan menilai peserta dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja. Pelatihan K3 umum dilakukan oleh kemenaker untuk mempersiapkan ahli K3. Seleksi ketat dilakukan pada peserta yang sudah mengikuti kursus K3 dan ingin menjadi ahli K3.

Pelatihan K3 dilakukan selama 120 jam atau 2 hari efektif. Setelah selesai melakukan pelatihan dan dinilai cakap, maka peserta akan diberikan sertifikasi K3 sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain pelatihan K3 umum, terdapat juga pelatihan K3 migas mengingat pekerjaan terkait memiliki resiko yang cukup tinggi. Kelalaian yang dinilai kecil bisa berdampak besar dan serius.

Pelatihan selanjutnya adalah K3 listrik. Peserta diharapkan dapat memahami tentang instalasi penyalur petir dan instalasi listrik lainnya yang memiliki resiko atau bahaya yang tinggi. Kompetensi umum dalam pelatihan K3 listrik adalah meliputi pemasangan, pengoperasian, dan pemeliharaan instalasi listrik. Ahli K3 listrik diharapkan mampu menciptakan rasa aman bagi orang lain dan juga diri sendiri.

Setelah mengikuti salah satu pelatihan di atas, maka peserta pelatihan selanjutnya bisa mengikuti sertifikasi K3. Info lengkap tentang ini bisa Anda baca di https://K3LL.net.  Bagi peserta yang lulus sertifikasi akan mendapatkan sertifikat yang menjadi bukti bahwa mereka memiliki kompetensi dalam bidang kesehatan dan keselamatan pekerja. Pada akhirnya, para lulusan pada pelatihan dan sertifikasi K3 akan mudah memperoleh pekerjaan di bidang yang sesuai dengan kompetensi atau skill mereka. Setiap area kerja seperti pabrik dan perusahaan akan menjadi lebih aman dan nyaman karena sudah memiliki lulusan K3 yang bersertifikasi.

 

 

 

 

 

 

 

related articles