Inilah Cara Optimasi SEO Website dari Nol Sampai Sukses

by admin_jack
Cara Optimasi SEO Website

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik ‘misteri’ yang sangat banyak dicari. Saat teknik SEO bisa digunakan secara baik dan benar, maka bisa meningkatkan peringkat sebuah situs website. Tentu saja, teknik ini banyak sekali dimanfaatkan oleh pebisnis sebagai strategi marketing yang sangat efisien.

Ya, teknik SEO memang sudah terbukti dapat meningkatkan kredibilitas sebuah website bisnis online, sehingga bisa semakin menarik minat pembeli. Jika penerapan teknik ini berhasil, maka jangan heran jika produk-produk yang ditawarkan oleh website toko online tersebut selalu sold out. Lalu, bagaimanakah cara optimasi SEO website untuk meningkatkan penjualan bisnis online? Yuk, simak ulasan berikut!

 

5 Cara Optimasi SEO Website Bisnis Online Agar Semakin Banyak Pembeli

Teknik SEO sangat wajib digunakan oleh para blogger dan juga internet marketer. Dengan teknik ini, maka website akan berada di halaman pertama mesin pencarian google. Tentu ini sangat berguna untuk menambah jumlah pengunjung website setiap harinya. Nah, berikut ini adalah cara optimasi SEO website:

1. Gunakan niche market yang tepat

Saat membangun sebuah bisnis, kita harus memiliki gambaran mengenai siapa saja yang akan menjadi target pasar bagi produk yang akan dipasarkan. Dengan mengetahui siapa target pembeli, maka bisa lebih mudah untuk menyasar target pasar tersebut. Hal ini juga bisa menjadi teknik marketing yang hemat dan tidak membuang banyak waktu.

Teknik SEO dengan menggunakan niche market yang tepat, pastinya akan memperbesar peluang situs website bisnis online Anda untuk ditampilkan pada halaman teratas mesin pencari Google, yaitu saat seseorang atau target pasar melakukan pencarian spesifik mengenai produk bisnis Anda.

2. Unggah artikel berkualitas

Website bisnis online memang perlu menampilkan artikel-artikel tertentu yang relevan dengan bisnis tersebut. Saat menampilkan artikel yang menarik, maka pengunjung akan lebih suka berlama-lama berada di website Anda karena membaca artikel-artikel menarik yang ditampilkan.

Baca Juga : cara membuat website dengan mudah dan cepat

Biasanya, jumlah kata dalam sebuah artikel tidak terlalu berpengaruh terhadap website SEO. Anda sebaiknya memberikan nilai lebih ke dalam artikel. Caranya dengan memasukkan outbound link, kata kunci, dan mempercantik susunan kata-kata di dalam artikel tersebut.

3. Perhatikan kecepatan loading website

Kecepatan loading merupakan hal yang penting dalam teknik SEO. Saat website Anda memiliki waktu loading yang cukup lama, tentu sebagian besar pengunjung akan lebih memilih untuk membatalkan niat dan menutup website Anda. Pada akhirnya, peluang untuk mendapatkan pelanggan baru akan hilang sia-sia.

Oleh sebab itu, pastikanlah bahwa website bisnis Anda mempunyai kecepatan loading yang cukup baik. Dengan begitu, maka pengunjung tidak butuh waktu lama saat akan membukanya. Semakin cepat waktu loading sebuah website, maka akan semakin nyaman pengunjung berada di website Anda.

4. Hindari broken link

Saat mengetahui adanya informasi ‘404 page’ ketika mengunjungi sebuah situs, pasti sangat menyebalkan bukan? Inilah yang dinamakan dengan Broken link. Hal yang bisa membuat algoritma mesin Google memberi citra buruk terhadap website Anda. Broken link menyebabkan sebuah situs sulit berada di halaman pertama mesin pencarian Google.

Untuk itulah, sangat penting bagi Anda untuk rutin melakukan pengecekan di setiap halaman website. Perlu diketahui, ada beberapa tools dan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek URL secara otomatis, sehingga kita tidak perlu melakukan pengecekan secara manual. Salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Webmaster Tools. Aplikasi semacam ini pastinya akan mempermudah kita untuk mengecek kondisi setiap halaman website secara otomatis, tanpa perlu mengecek satu per satu.

5. Social Sharing

Twitter, Pinterest, Instagram, Facebook, serta berbagai jenis sosial media lainnya adalah media terbaik yang bisa memberikan referensi terhadap bisnis Anda. Bagaimana cara memanfaatkan sosial media untuk kemajuan website bisnis online? Caranya adalah dengan membagikan atau share artikel melalui media sosial. Cara ini terbukti bisa membuat produk populer di mata pengguna internet.

Semakin banyak artikel yang terkait bisnis Anda dibagikan ke media sosial, maka akan semakin banyak pengguna media sosial yang mengenal bisnis Anda. Ada dua manfaat yang bisa kita peroleh dari teknik ini, yaitu melakukan promosi bisnis dengan memanfaatkan sosial media dan memberikan pengaruh kepada para pembaca (pengguna media sosial) tentang kredibilitas bisnis Anda.

Baca juga : tempat beli hosting murah Indonesia

Itu dia beberapa cara optimasi SEO website yang akan sangat membantu website Anda untuk memiliki peringkat tinggi dari hasil pencarian mesin Google. Jika posisi website bisnis Anda berada di halaman pertama hasil pencarian Google, maka peluang untuk memperoleh pelanggan baru juga akan semakin besar.

Nah, supaya website bisnis Anda bisa semakin populer, tambahkan pilihan tombol ‘sharing’ di halaman website Anda. Dengan begitu, maka akan semakin mempermudah pengunjung saat ingin membagikan artikel di website Anda ke platform media sosial milik mereka.

 

related articles