10 HP yang Sedang Trend di Indonesia 2020 dengan Kelebihan yang Menarik

10 HP yang Sedang Trend di Indonesia 2020, ada HP yang harganya sampai 20 jutaan!
10 HP yang Sedang Trend di Indonesia 2020, ada HP yang harganya sampai 20 jutaan!

Banyak HP yang resmi diluncurkan di Indonesia, terutama dari vendor-vendor yang memang sudah terkenal. Beberapa vendor HP seperti Samsung, Xiaomi, iPhone, Oppo, Huawei, bahkan Asus biasanya selalu menghadirkan HP baru dengan kelebihan serta fitur yang menarik.

Nah, karena kelebihan dan fiturnya itulah membuat HP dari vendor besar tersebut menjadi trending di Indonesia. Seperti apa sih kelebihan dan fitur dari 10 HP yang sedang trend di Indonesia? Berikut kami sudah merangkumnya di bawah ini. Oh iya, untuk HP yang sedang trend ini rata-rata merupakan HP flagship yang artinya punya harga di kelas high-end, ya.

 1. ROG Phone 3

Meski belum resmi rilis di pasaran Indonesia, namun peluncuran ROG Phone 3 secara global ini membuat gadget geeks penasaran. Sebelumnya, Asus telah sukses dengan kegaharan dari ROG Phone 2, dan kini mereka kembali hadir dengan lanjutannya yang disebut ROG Phone 3. Tentu saja, di versi terbarunya kali ini Asus membawa banyak hal spesial.

Yang paling menarik di HP ini ada di bagian performanya. Asus menyematkan chipset Snapdragon 865+ (7nm). For your info, itu adalah jenis chipset terbaru dari Qualcomm dan ROG Phone 3 adalah HP pertama yang disematkan chipset terbaru tersebut. Dengan 7nm tentu saja kinerjanya jauh lebih baik dibandingkan chipset pendahulunya. Performa dari HP gaming ini juga semakin gahar dengan pilihan RAM 12GB/16GB LPDDR5.

Hal menarik lainnya dari HP ini adalah kehadiran layarnya yang yang bisa mencapai refresh rate 160Hz! Tentu hal ini membuat pengalaman bermain game menjadi lebih dahsyat. Bagaimana dengan baterai? Asus ingin memberikan kenyamanan penggunanya dengan mengusung baterai super besar, 6000 mAh.

Bukan hanya besar, tapi baterai ini dinyatakan bisa bertahan lebih lama dengan klaim main game PUBG selama 9 jam dan main Asphalt 9 selama 9.5 jam. Lalu, di baterainya ini sudah mengusung charger 30W dimana bisa mengisi baterai sebanyak 50% dengan kurun waktu 1 jam.

Lantas, dimana letak kekurangannya? Mungkin bisa dibilang di bagian kamera. ROG Phone 3 tidak membawa kamera yang “seindah” Samsung S20 Ultra atau pun Huawei P40 Pro. Hal ini wajar, mengingat fokus dari HP ROG adalah untuk main game bukan untuk fotografi. Meskipun begitu, HP ini cukup baik dengan membawa kamera 64MP. Tidak terlalu buruk untuk sebuah HP gaming.

2. Xiaomi Poco F2 Pro

Selanjutnya, HP yang sedang trend saat ini di Indonesia adalah Xiaomi Poco F2 Pro. Bisa dibilang ini adalah HP kelas middle, tidak terlalu murah namun agak mahal dengan kisaran harga 8 jutaan. Untuk HP kelas middle, Poco F2 Pro sendiri bisa dibilang unggul soal performa. Pasalnya, HP ini sudah mengusung chipset Snapdragon 865 (7nm+) dengan pilihan RAM 6GB/8GB.

Menurut hasil uji coba Techradar, Xiaomi Poco F2 Pro ini punya performa yang lebih unggul dibandingkan Oppo Find X2 Pro. Skor Benchmark-nya mencapai 3367 untuk multicore. Ini adalah skor yang tidak terlalu jauh dengan iPhone 11 Max Pro dan OnePlus 8. Dengan hasil performa seperti tadi, bisa disimpulkan kalau HP ini cukup baik untuk bermain game.

Di sisi lain, Xiaomi juga memamerkan kamera di HP terbarunya ini dengan empat kamera di bagian belakang; 64MP (main), 13MP (ultrawide), 5MP (macro), serta 2MP (depth-sensing snapper). Secara keseluruhan, HP ini bisa menghasilkan jepretan kamera yang baik, detail yang bagus, serta pencahayaan yang natural.

Begitupun dengan kamera ultrawide-nya yang dinyatakan mampu mengurangi distortion dengan efektif. Di bagian perekaman video, Poco F2 Pro bisa merekam dengan resolusi sampai 8k dengan 30fps dan resolusi 4K untuk 60fps. Yang menarik, kamera HP ini juga bisa membuat video slow motion.

3. Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Masih dari Xiaomi, kali ini HP yang sedang trend di Indonesia adalah Xiaomi Redmi Note 9 Pro. HP ini lebih terjangkau jika dibandingkan dengan dua HP sebelumnya, harga banderolnya sekitar 3 jutaan. Memang, HP ini tidak mengusung chipset terbaru namun sudah dibekali dengan Snapdragon 720 dan dukungan RAM 6GB.

Yang menarik dari spesifikasinya adalah kehadiran 8nm pada chipsetnya yang membuat proses kinerjanya lebih efektif. Berdasarkan hasil Benchmark dari GSMARENA menggunakan GeekBench 5.1, performa HP ini berada di skor 1785 (multicore) serta 571 (single core). Skor ini cukup baik dan bisa mengalahkan Realme 6.

Selain menarik dari segi performa, bodi dari Redmi Note 9 Pro juga terkesan elegan. HP ini tidak ada poni seperti iPhone zaman sekarang. Tapi, sebagai gantinya mereka membuat titik kecil di bagian tengah untuk kamera selfie. Tidak terlalu mengganggu kok saat sedang nonton video. Lalu, layarnya juga sudah dilindungi Gorilla Glass 5. Jadi, cukup kokoh dan aman.

Kelebihan lainnya adalah, HP ini punya tiga slot di bagian samping kiri. Dua slot untuk kartu SIM dan satu slot-nya untuk microSD, cocok untuk kamu yang punya dua nomor namun butuh slot untuk memori eksternal. Dan yang paling penting HP ini cukup ringkas dengan ketebalan 8.8mm dan berat 209 gram saja. Menarik, bukan?

4. Xiaomi Redmi 9

Jika ingin punya HP yang lagi ngetrend dengan harga yang terjangkau, Xiaomi Redmi 9 bisa menjadi pilihan yang bagus. HP yang dijual dengan harga mulai 2.4 jutaan ini mengusung chipset MediaTek Helio G80 (12nm) serta pilihan RAM 3GB/4GB/6GB. Tidak terlalu buruk karena hasil BenchMark-nya juga cukup memuaskan dengan skor AnTuTu 201.829. Skornya ini bahkan mengalahkan Samsung Galaxy A31.

Di sisi lain, Xiaomi sudah menyematkan OS Android 10 yang berjalan di MIUI 11. Namun, penggunanya bisa melakukan update ke MIUI 12 pada bulan Agustus 2020 mendatang. Pada bagian fingerprint-nya juga bisa merespon dengan baik, tidak ada lag atau pun kendala. Yang menariknya, HP ini bahkan sudah mendukung Dark Mode dan semua desain ikonnya cukup atraktif.

Bagaimana dengan kameranya? Mengingat ini bukanlah HP flagship namun kameranya masih OKE untuk menghasilkan foto natural. Ada empat kamera di bagian belakang; 13MP (wide), 8MP (ultrawide), 5MP (macro), dan 2MP (depth). Untuk kamera wide-nya dibekali dengan fitur PDAF, sedangkan fitur lainnya ada LED flash, HDR, serta Panorama.

Nah, untuk berswafoto HP ini dinyatakan tidak terlalu buruk oleh GSMARENA. Pasalnya, kamera beresolusi 8MP ini mampu menghasilkan gambar dengan kontras dan warna yang cukup baik di kelasnya. Bahkan noise-nya tidak terlalu buruk, begitu pun dengan dynamic-range yang masih bisa diterima dengan baik.

5. iPhone SE 2020

HP besutan Apple memang selalu menjadi trend di Indonesia. Salah satu HP Apple yang paling banyak jadi perbincangan adalah iPhone SE 2020. Bagaimana tidak, harga iPhone yang biasanya berada di dua digit, kali ini Apple membawa tipe HP dengan harga yang “terjangkau” dengan harga sekitar 8 – 9 jutaan untuk harga di Indonesia.

Berbeda dengan iPhone 11 / iPhone X series, kali ini iPhone SE 2020 membawa desain “klasik” khas iPhone tanpa poni di bagian layarnya. Desain HP ini lebih ringkas dengan layar 4.7 inci dan ketebalan 7.3mm. Meski terasa imut, HP ini ternyata punya performa yang tangguh berkat kehadiran Apple A13 Bionic.

Fyi, chipset tersebut adalah chipset yang sama digunakan oleh iPhone 11 Pro. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan Techradar, HP ini dinyatakan lebih kencang dibandingkan iPhone 8. Hasil Benchmark-nya juga menunjukan angka yang menarik, 1300 (single core) dan 3100 (multicore).

Selain soal performa, iPhone SE 2020 juga unggul dari segi kamera. Kehadiran kamera belakang 12MP mampu menghasilkan gambar yang lebih warm dibandingkan iPhone XS. Namun sayangnya, dalam kondisi cahaya yang minim, kamera HP ini tidak terlalu memuaskan dengan sedikit blur di fotonya. Overall, untuk yang ingin HP iPhone murah dengan performa dan kamera cukup baik, bisa pilih iPhone SE 2020 ini.

6. Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra juga menawarkan HP khusus untuk fotografi. Di bagian belakang HP-nya terdapat empat kamera, yakni 108MP (wide), 48MP (periscope telephoto), 12MP (ultrawide), dan 0.3 (TOF 3d, Depth). Dengan spesifikasi tersebut, bisa dibilang ini adalah HP Samsung yang punya piksel terbesar dalam sejarah.

Tapi sebenarnya, hasil jepretan kameranya sih tidak terlalu jauh berbeda dengan kamera beresolusi 12MP. Hanya saja, hasil gambarnya bisa di-crop tanpa mengurangi kualitas foto terlalu banyak, masih jernih dan detailnya bagus.

Untuk kamera selfie-nya sendiri punya resolusi 40MP lengkap dengan fitur PDAF. Di kamera tersebut bisa menghasilkan foto selfie yang bagus dengan warna yang natural serta dynamic range yang baik. Tapi sayangnya beberapa mengatakan, saat malam (kondisi minim cahaya), kamera selfie ini menghasilkan gambar yang tidak terlalu memuaskan dan kualitasnya cenderung sangat turun dibandingkan melakukan selfie saat siang hari/kondisi cahaya yang lebih terang.

7. Samsung Galaxy Z Flip

Sempat heboh di Indonesia karena HP yang satu ini mengusung konsep flip dengan full layar. Ini sangat menarik dan harganya juga super mahal mencapai 20 jutaan. Namun, harga tersebut dirasa terlalu mahal mengingat performanya tidak terlalu “wah” karena masih menggunakan Snapdragon 855 plus.

Chipset tersebut hanya mendapatkan skor 2759 dan masih kalah jauh dengan prosesor Snapdragon 865 yang ada di Galaxy S20 Plus dengan skor 3076. Pun begitu dengan grafisnya yang tidak terlalu mengesankan. Hasil tes GPU Adreno 640 ini mendapatkan skor 1048, berdasarkan GFXBench Aztec Ruins Vulkan. Skor tersebut juga berbeda jauh jika dibandingkan dengan Galaxy S20 Plus yang mendapatkan skor 1319.

Meskipun punya performa yang kurang mengesankan, namun Galaxy Z Flip ini sudah dibekali dengan Android 10 dengan fitur menarik. Salah satunya adalah Multi-active Window. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya membuka dua aplikasi untuk dijalankan di dua layar Galaxy Z Flip secara bersamaan. Dan fitur tersebut dinyatakan bisa berjalan dengan baik lho!

8. Oppo Find X2 Pro

Oppo Find X2 Pro

Selain Samsung dan Apple, Oppo juga punya HP yang cukup trend di Indonesia, yakni Oppo Find X2 Pro dengan kamera yang memukau. Ada tiga kamera di belakang, 48MP (wide), 48MP (ultrawide), dan 13MP (telephoto). Ketiga kamera tersebut sudah memiliki fitur PDAF. Berdasarkan hasil tes dari DXOMARK, kamera di HP ini punya eksposur yang sangat baik.

Selain itu, dynamic range­-nya juga cukup wide. Artinya, kameranya mampu menghasilkan kontras yang efisien sehingga menghasilkan detail yang bagus, baik dari segi highlight maupun bayangan frame-nya. Untuk warnanya, dia bisa menunjukan color rendering yang memukau, saturasi yang bagus, dan white balance yang cerah dengan catatan kondisi pencahayaannya cukup baik, contohnya saat berada di luar ruangan (outdoor).

Lalu, saat berfoto di malam hari, kamera ini masih bisa menghasilkan foto yang baik dengan noisy yang lebih sedikit. Bahkan, tanpa perlu menggunakan flash, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang jelas. Namun, performa kameranya ini semakin baik di malam hari ketika menggunakan flash, ya. Tertarik punya HP ini? Saat ini, Oppo menjual HP-nya dengan kisaran 13 – 14 jutaan, ya.

9. HUAWEI Nova 7

HUAWEI Nova 7 berada di kelas middle-range karena harganya yang tidak terlalu murah dan tidak bisa disebut terlalu mahal juga, sekitar 6 – 7 jutaan. Untuk HP kelas middle, HP ini tergolong cukup tangguh dengan prosesor Kirin 985 5G (7nm), GPU Mali-G77 (8-core), serta RAM 8GB. Berdasarkan skor AnTuTu, HUAWEI Nova 7 ini menunjukan hasil yang cukup memuaskan sekitar 280 ribuan.

Sedangkan hasil tes Geekbench 4 menunjukkan skor yang cukup baik, 3209 (single core) dan 9678. Dengan hasil skor tadi, bisa disimpulkan kalau HP ini masih layak untuk main game berat dan multitasking. Di sisi lain, HUAWEI memberikan hal yang lebih menarik yakni kehadiran jaringan 5G SA/NSA (Standalone/Non-standalone).

Artinya, HP ini bisa menggunakan koneksi 5G NSA ketika jaringan 5G belum tersedia, seperti di Indonesia yang belum menyediakan jaringan 5G. Namun, bukan berarti HP ini menggunakan jaringan 5G tapi menggunakan jaringan 4G hanya saja kecepatannya lebih baik dibandingkan jaringan 4G biasa.

Nah, setelah jaringan 5G sudah tersedia, barulah HP ini akan langsung mengalihkan jaringan ke 5G SA (standalone), maksudnya sudah benar-benar menggunakan jaringan 5G. Selain unggul di bagian jaringan, HP ini juga punya desain yang menarik. Warnanya mengilap dan punya gradasi warna ungu yang cantik. Gradasi warna tersebut akan menimbulkan lambang “Nova” yang atraktif.

10. iPhone XS

Bukan HP baru, tapi kehadirannya masih menjadi trend di Indonesia saat ini. iPhone XS tidak kalah menarik dari HP-HP sebelumnya yang sudah disebutkan dimana Apple sudah menyematkan sertifikasi IP68. Artinya, HP ini tahan debu dan tahan air dengan kedalaman 2 meter selama 30 menit.

Selain itu, iPhone XS juga sudah dilengkapi dengan beberapa sistem pembayaran non-tunai Apple Pay, seperti Visa, MasterCard, hingga AMEX. OS-nya masih menggunakan iOS 12 namun bisa diperbarui ke iOS 13.6. Untuk performanya memang tidak menggunakan chipset terbaru namun masih cukup tangguh dengan mengandalkan Apple A12 Bionic (12nm) dan RAM 4G.

Dengan chipset tersebut, ternyata iPhone XS bisa mengalahkan iPhone X sebelumnya. Skor Geekbench-nya sekitar 11 ribuan. Sedangkan di lini fotografi, kamera iPhone XS ini masih bisa dikatakan baik untuk zaman sekarang. Ada dua kamera di bagian belakang. Keduanya sama-sama mengusung 12MP untuk wide dan telephoto. Lalu, bagian kamera selfie-nya punya resolusi 7MP.

Overall, Techradar cukup puas dengan hasil jepretannya karena di kondisi minim cahaya, kamera ini masih bisa menghasilkan gambar dengan color temperature yang mirip dengan aslinya dan detailnya pun masih lebih baik dari iPhone X. Tone dari gambarnya juga lebih rich meskipun berada di area yang cukup challenging, seperti hutan dan pepohonan. Cukup bagus untuk yang suka berselfie.

HP yang sedang trend di Indonesia memang semuanya dari vendor ternama. Bukan tanpa alasan, sebab kesepuluh HP di atas punya kelebihan dan fitur menarik yang menjadi pembeda dibandingkan dengan HP lainnya. Namun sayangnya, HP yang sedang trend tersebut rata-rata berasal dari HP flagship (high-end) sehingga harganya pun dibanderol cukup fantastis. Bahkan ada yang mencapai 20 jutaan!