ROG Phone 3

10 HP Gaming Terbaik 2020 yang Paling Keren dan Canggih

10 HP gaming terbaik 2020 yang punya performa terbaik untuk main game.
10 HP gaming terbaik 2020 yang punya performa terbaik untuk main game.

10 HP Gaming Terbaik 2020 yang Paling Keren dan Canggih – Kebutuhan smartphone untuk seorang gamers tentu akan berbeda dengan para pengguna HP lainnya. Bagi gamers, performa adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Pasalnya, untuk menjalankan game berat, HP harus memiliki tenaga yang mumpuni agar tidak lag saat sedang bermain.

Tidak hanya itu saja, HP khusus gamers biasanya dilengkapi dengan layar serta baterai yang tangguh untuk menunjang performa permainan para gamers. Nah, jika kamu seorang gamers dan butuh HP untuk main game, mungkin salah satu HP ini bisa menjadi pilihan terbaik. Yuk, simak ulasannya!

1. ROG Phone 3

ROG Phone 3

HP ini baru resmi rilis di bulan Juli 2020. Cukup menggemparkan karena HP ini digadang-gadang punya performa yang powerful berkat kehadiran Chipset Snapdragon 865+ sehingga HP ini menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm. Chipset terbaru ini ternyata memiliki graphics rendering 10% lebih baik dibanding chipset Qualcomm sebelumnya.

Performanya semakin kencang karena chipsetnya didukung dengan RAM 12GB LPDDR5 sehingga pada benchmark PCMark didapatkan hasil mencapai 15,178. Artinya, HP ini bahkan mampu untuk melakukan multitask, baik untuk web browsing, video editing, photo editing, hingga main game sekaligus tanpa lag. 

2. Xiaomi Black Shark 3 Pro

Xiaomi Black Shark 3 Pro

Pesaing ASUS ROG Phone adalah Xiaomi Black Shark. Sama seperti pesaingnya, di Xiaomi Black Shark 3 Pro juga menawarkan screen refresh rate maksimal mencapai 144Hz. Meski belum menggunakan chipset terbaru dari Snapdragon, namun HP ini sudah dibekali dengan prosesor Snapdragon 865 yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 650 dan RAM 8GB/12GB. Dengan kombinasi seperti tadi, tentu saja Xiaomi Black Shark Pro 3 termasuk salah satu HP yang punya performa terbaik di kelasnya.

Hal menarik lainnya dari HP ini adalah kameranya. Meskipun ini adalah HP gaming, namun kameranya memiliki autofocus yang cukup akurat dan mudah dikontrol. Hasil gambar dari tangkapan kameranya pun cukup tajam dan impresif, terutama soal foto bokeh. Tertarik coba kamera 64MP dari HP gaming Xiaomi ini?

3. iPhone 11 Pro Max

iPhone 11 Pro Max

iPhone dikenal sebagai HP dengan kamera terbaik untuk sebagian orang. Ya benar, namun jangan remehkan juga bagian performanya. iPhone 11 Pro Max adalah salah satu HP besutan Apple dengan performa terbaik maka tidak heran jika HP ini juga cocok untuk gaming. HP ini dibekali dengan prosesor A13 Bionic dan performanya lebih kencang 20% dibanding prosesor A12.

Keunggulan prosesor tersebut dibuktikan Tomsguide dengan uji performa menggunakan Geekbench 5. Pada uji tersebut, iPhone 11 Pro Max mendapatkan skor single-core mencapai 1,334 dan skor multicore 3,517. Hasil tersebut mengungguli Galaxy Note 10 Plus yang hanya mendapatkan skor 736 (single-core) dan 2,691 (multicore). Begitu pula dengan hasil benchmark dari GFXBench, iPhone unggul dengan 1657 frames (25fps), sedangkan Galaxy Note 10 hanya mencapai 1058 frames (16fps).

Bisa disimpulkan bahwa iPhone 11 Pro Max ini masuk dalam kategori “layak” untuk bermain game. Kelebihan lainnya adalah baterai, karena iPhone 11 Pro Max adalah HP Apple yang punya ketahanan baterai paling lama dibandingkan iPhone sebelumnya.

4. Huawei P40 Pro+

Huawei P40 Pro+

Selanjutnya, ada Huawei P40 Pro Plus. HP ini dibekali dengan chipset yang powerful dan terbaru, Kirin 990. Chipset ini didukung dengan kapasitas RAM 8GB. Pada hasil benchmark dari Techradar menggunakan Geekbanch 5, HP ini menunjukan hasil yang cukup memuaskan dengan skor 2,924. Hasil ini sama dengan skor yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20 Plus.

Kelebihan lain dari Huawei P40 Pro+ adalah EMUI 10 yang lebih stabil, smooth, juga powerful. Melakukan multitasking di HP ini bukan masalah. Mau membuka beberapa aplikasi pun masih lancar. Namun sayangnya, Huawei tidak menyediakan fasilitas dari Google.

5. Samsung Galaxy S20 Plus

Samsung Galaxy S20 Plus

Selain Huawei, ada juga Samsung yang cocok dijadikan HP gaming. Samsung Galaxy S20 Plus ini dibekali dengan chipset Snapdragon 865 (untuk US) dan Exynos 990 (di beberapa negara lain). Meskipun chipset ini punya skor sedikit di bawah iPhone 11 Pro Max, namun hasil benchmark Techradar menunjukan skor yang cukup memuaskan.

Pada hasil Geekbench 5 menunjukan bahwa Galaxy S20 Plus mendapatkan skor 3,034 (snapdragon) dan 2,774 (exynos). Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa HP ini cukup kuat untuk memainkan beberapa game berat, salah satunya adalah PUBG Mobile. Main game akan terasa lebih asyik, karena layarnya sendiri dibekali dengan 1440p lengkap dengan refresh rate mencapai 120Hz.

6. OnePlus 8 Pro

OnePlus 8 Pro

OnePlus 8 Pro memang belum menggunakan Snapdragon 865+, tapi sudah mengusung Snapdragon 865. Ini adalah salah satu chipset yang masih sangat layak pakai untuk para gamers karena Snapdragon 865 sendiri masih unggul 25% lebih kencang dibandingkan Snapdragon di bawahnya.

Performa dari OnePlus 8 pro tidak hanya dinilai dari chipsetnya saja. Keunggulan lainnya ada di bagian RAM dengan kapasitas 12GB LPDDR5 ditambah dengan rapid mobile GPU. Dengan kata lain, HP ini termasuk yang tertangguh di kelasnya. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil benchmark T3 menggunakan Geekbench 5 yang menunjukan skor 788 (single core) dan skor 2865 (multicore). 

7. ZTE nubia Red Magic 5G

ZTE nubia Red Magic 5G

HP gaming lainnya kini hadir dari ZTE, tepatnya ZTE nubia Red Magic 5G. Sama seperti HP sebelumnya, ia dibekali dengan Snapdragon 865 lengkap dengan RAM 8GB/12GB LPDDR5. Selain itu, HP ini juga unggul di bagian layar berkat kehadiran refresh rate yang mencapai 144Hz. Layarnya juga punya luas 6.65 inci AMOLED yang lebih terang dan vibrant.

Di sisi lain, baterai HP ini punya kapasitas yang cukup besar, 4500mAh, sehingga penggunanya tidak perlu khawatir baterai gampang low. Bahkan, menurut Techradar baterai HP ini bisa bertahan hingga 6 jam dengan pemakaian gaming terus menerus tanpa henti. Tangguh, ya?

8. Razer Phone 2

Razer Phone 2

Meski bukan HP baru di tahun 2020 ini, Razer Phone 2 masih layak untuk masuk ke dalam kategori HP gaming terbaik di dunia. HP ini dibekali dengan Snapdragon 845 dan RAM 8GB. Tidak terlalu baru memang, namun Razer Phone 2 mampu mendapatkan hasil benchmark Geekbench dengan skor 8898 (multicore). Tentu ini bukan hasil yang bisa dianggap remeh, dan masih powerful untuk sekelas HP gaming.

Namun sayangnya, HP ini tidak terlalu tangguh pada bagian baterai. Razer Phone 2 dibekali dengan 4000mAh dan mampu bertahan seharian dengan penggunaan wajar. Hanya saja, ketika cahaya layar di-set ke level maksimum dan pemakaian 90 menit video, baterai HP-nya cukup drop hingga 70%. Tapi hal ini wajar, karena layarnya diatur hingga ke level maksimum.

Meskipun begitu, pada masanya, Razer Phone 2 ini cukup canggih karena menawarkan dua pilihan pengisian baterai. Ia bisa dicas dengan Qi Wireless Charging atau dicas biasa menggunakan Quickcharge 4+. Tentu saja pengisian baterainya tidak memakan waktu yang terlalu lama.

9. ROG Phone 2

ROG Phone 2

Tidak seperti ROG Phone 3, di ROG Phone 2 layarnya hanya menawarkan refresh rate hingga 120Hz saja. Meskipun begitu, layar di HP ini masih unggul jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S10 yang dibekali refresh rate 60Hz. Selain itu, resolusi dari HP ini juga masih tergolong besar, yakni 1080 x 2340 dengan density mencapai 391 piksel per-inch. Ini juga lebih unggul jika dibandingkan dengan layar iPhone 11.

Bagaimana dengan Performa? Masih sangat layak untuk dijadikan HP gaming terkencang berkat Snapdragon 855, chipset ini lebih unggul jika dibandingkan dengan chipset yang digunakan Razer Phone 2. Di sisi lain, ROG Phone 2 dibekali dengan RAM 12GB/8GB LPDDR4X yang masih cukup kencang untuk HP gaming saat ini.

Yang menariknya lagi, ROG Phone 2 punya banyak aksesoris untuk memberikan pengalaman main game yang lebih baik. Beberapa aksesoris tersebut adalah, TwinView Dock II, Mobile Desktop Dock, hingga ROG AeroActive Cooler.

10. OnePlus 7 Pro

OnePlus 7 Pro

Last but not least, OnePlus 7 Pro menjadi penutup rekomendasi HP gaming terbaik kali ini. Sesuai dengan tagline-nya ‘Go beyond speed’ yang artinya memang OnePlus 7 Pro ini fokus pada bagian performa. Hal tersebut terbukti dengan dilengkapinya chipset Snapdragon 855 lengkap dengan RAM 12GB.

Yang membuat HP ini begitu spesial adalah bagian sistem pendinginnya. Ada 10 lapisan liquid cooling system di HP ini sehingga HP-nya selalu menghasilkan udara yang normal, tidak terlalu panas. Kelebihan lain di HP ini adalah internal storage-nya yang dikatakan 20 kali lebih cepat dibanding storage di HP Android lainnya. Dengan kata lain, penggunanya bisa memindahkan data tanpa lag dan tanpa menunggu terlalu lama.

Ya, itu tadi kesepuluh HP gaming yang layak untuk dibeli saat ini. Meski beberapa HP bukan dikhususkan untuk main game, namun kesepuluh HP tadi dibekali dengan performa yang kencang, baterai tangguh, hingga layar yang memukau. Jadi, mana HP gaming favorit pilihanmu?