10 HP dengan Kamera Selfie Terbaik 2020 untuk Hasil Foto Selfie Maksimal

10 HP dengan Kamera Selfie Terbaik 2020, ada HP dengan Kamera Selfie Harga 4 jutaan lho!
10 HP dengan Kamera Selfie Terbaik 2020, ada HP dengan Kamera Selfie Harga 4 jutaan lho!

Kamera di HP menjadi salah satu patokan bagi sebagian orang ketika ingin membeli HP baru. Selain kamera belakang, ada kamera depan untuk berswafoto. Mungkin untuk beberapa orang tidak terlalu penting, namun bagi yang hobi selfie maka kamera depan menjadi poin utama yang akan dilirik sebelum membeli HP.

Nah, untuk kualitas dan resolusi kamera depan biasanya setiap HP punya spesifikasi yang berbeda. Bahkan, resolusi kamera depan biasanya tidak sebagus kamera belakang. Tidak hanya itu saja, kamera selfie biasanya minim fitur. Tapi semua kekurangan tadi tidak berlaku pada 10 HP dengan kamera selfie terbaik ini. Penasaran? Yuk, langsung simak ulasannya!

1. Samsung Galaxy S20 Ultra

Selain sebagai HP dengan kamera terbaik di dunia, kali ini kami juga memilih Samsung Galaxy S20 Ultra sebagai salah satu jajaran HP dengan kamera selfie terbagus. Ada beberapa alasan, namun mari kita lihat dulu spesifikasinya. Untuk kamera selfienya ini, Samsung membawa kamera beresolusi 40MP, bukaan f/2.2, 22mm (wide), lengkap dengan fitur PDAF.

Selain itu, kameranya ini juga bisa digunakan untuk Dual video call dan Auto-HDR. Bahkan, Samsung juga mengklaim kalau HP-nya mampu melakukan perekaman video dengan resolusi 4K dengan 30/60fps atau 1080p dengan 30fps. Berangkat dari spesifikasi tersebut, DXOMARK menguji kamera selfie-nya ini, dan hasilnya pun memuaskan.

Menurut mereka, Samsung Galaxy S20 Ultra bisa menghasilkan performa kamera yang sangat konsisten. Namun, tidak banyak improvement dari kualitas foto selfie-nya. Untuk hasil fotonya sendiri punya eksposur yang cukup kuat dan akurat di kondisi yang minim cahaya.

Untuk kondisi cahaya cukup dan cenderung terang, hasil selfie-nya bisa lebih baik karena background terekspos dengan sangat bagus. Bahkan, gambar langit pun terlihat lebih detail. Begitu pun dengan fitur PDAF-nya yang bisa bekerja secara akurat dan reliable.

Jangan lupakan untuk foto bokehnya, menurut DXOMARK foto bokehnya ini punya hasil yang baik dan bisa menampilkan subject segmentation yang baik meskipun masih agak kurang pada depth sensor. Secara keseluruhan, kamera selfie Galaxy S20 Ultra sangat baik dengan noise yang terkontrol secara teratur.

2. Asus ZenFone 6

Meski tidak sebagus Samsung Galaxy S20 Ultra, namun Asus ZenFone 6 juga layak masuk ke dalam kategori HP dengan kamera selfie terbaik. Berbeda dengan HP sebelumnya, Asus ZenFone 6 ini menggunakan kamera belakang sebagai kamera selfie-nya, jadi kualitas kamera selfie-nya sama dengan kualitas kamera belakangnya.

Thanks to teknologi flip pada kamera ZenFone 6, jadi penggunanya hanya perlu memutar kamera belakang menjadi kamera selfie. Canggih ya? Nah, untuk kameranya sendiri ada dua, 48MP (wide) dan 13MP (ultrawide). Pada bagian kamera wide-nya ada fitur PDAF dan Laser AF. Untuk fitur lainnya ada Dual-LED flash, HDR, serta auto panorama.

Di bagian perekaman video, Asus menyebutkan kalau HP-nya ini bisa merekam video dengan berbagai macam resolusi, seperti 4K@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@480fps; gyro-EIS (kecuali @240/480fps).

Mari kita lihat seberapa bagus kameranya ini. Kamera utama sudah berbekal sensor dari Sony IMX586. Untuk hasil fotonya, GSMARENA menyatakan hasil yang sangat bagus dan out of the box. Detail dari gambarnya sangat baik dan noise-nya hampir tidak terlihat sama sekali. Untuk dynamic range-nya cukup wide. Yang paling penting lagi, warna yang ditampilkan sangat baik.

Jika ingin menghasilkan selfie yang lebih bagus, bisa gunakan mode HDR+. Dengan mode ini, hasil selfienya punya tone yang lebih cerah dan tidak ada objek blur (objek bergerak tidak beraturan).

Kualitas foto selfie yang bagus juga diakui oleh DXOMARK yang menyatakan punya eksposur bagus dengan skor 75. Hasilnya memang lebih dark dibandingkan Google Pixel 3, namun hasil foto ZenFone 6 punya kontras yang lebih kuat. DXOMARK juga menyukai warna yang dihasilkan foto selfie HP ini karena skin tone rendering yang baik dengan white balance yang akurat pada kondisi cahaya yang terang.

Lalu, bagaimana ketika kondisi cahaya yang gelap? Meski hasilnya tidak sebagus saat di kondisi cahaya terang, namun hasil selfie-nya masih memuaskan. Detail dan noise-nya masih bisa diterima dengan baik.

3. Huawei P40 Pro

Tidak lengkap rasanya kalau tidak memasukan Huawei P40 Pro dalam jajaran HP selfie terbaik. Berbekal kamera resolusi 32MP, HP ini juga punya fitur yang cukup lengkap terdiri dari AF dan HDR. Bahkan, kamera selfienya sudah dibekali dengan IR TOF 3D, (depth / biometrics sensor). Untuk merekam video, Huawei mengklaim HP-nya bisa menghasilkan video 4K@30/60fps atau 1080p@30/60fps.

Berdasarkan pengalaman DXOMARK, kamera selfie di Huawei P40 Pro ini ada peningkatan di bagian fokusnya. Ketika melakukan selfie jarak dekat, hasil gambarnya lebih tajam. Tapi, ketika melakukan selfie menggunakan tongsis dan jarak yang agak jauh, detail gambarnya agak menurun. Tapi, kualitasnya tidak jatuh terlalu jauh.

Hal terbaik dari kamera selfie Huawei P40 Pro adalah bagian eksposurnya. Bahkan, DXOMARK sendiri berani memberikan skor 86 untuk kamera selfienya ini. Untuk melakukan selfie di kondisi cahaya apapun, hasil fotonya punya target eksposur yang akurat dengan kontras yang tinggi.

Selain itu, color rendering yang ada di HP ini tergolong vivid dengan saturasi warna yang akurat sesuai dengan skin tone objeknya. Sedangkan untuk di lini video, DXOMARK memberi skor 95 dan ini jauh lebih baik dibandingkan Nova 6 5G. Overall, untuk berbagai kondisi cahaya, HP ini bisa menghasilkan video dengan eksposur yang akurat di bagian wajah.

Lalu, warna untuk hasil videonya cukup memuaskan dengan white balance yang cenderung netral. Yang kurang memuaskan adalah, ketika merekam video dalam keadaan minim cahaya karena detail-nya berkurang dan skin tone-nya terlihat tidak natural.

4. Apple iPhone 11 Pro Max

iPhone 11 Pro Max

HP dari Apple tentu saja masuk ke dalam jajaran HP dengan kamera selfie terbaik. Tidak seperti HP sebelumnya, di iPhone 11 Pro Max ini hanya membawa kamera selfie beresolusi 12 MP. Tapi jangan remehkan kemampuannya, ya. Berdasarkan GSMARENA, di kamera selfienya ini sudah mendukung SL 3D dan HDR. Untuk perekaman videonya juga bisa sampai resolusi 4K@60fps lho.

Lantas bagaimana performanya? Di iPhone kali ini, Apple ternyata membawa perubahan yang cukup baik dibandingkan dengan seri XS Max. Lensanya lebih luas dengan komposisi yang lebih pas untuk berbagai situasi. Color rendering-nya juga cukup mengesankan dengan white balance yang terkesan kekuningan, ciri khas iPhone banget!

Meskipun begitu, skin tone yang dihasilkan lebih warm dan atraktif. Pada bagian saturasinya juga punya warna yang memuaskan. Untuk yang suka foto bokeh maka iPhone 11 Pro Max ini juaranya. Hal tersebut dibuktikan dengan latar blur yang cukup kuat namun terlihat natural.

Lalu di bagian perekaman videonya, kamera HP ini cukup baik dengan fokus yang akurat. Selain itu, di bagian rekaman video 4K-nya bisa menghasilkan detail yang baik dan noise yang sedikit. Jadi, bisa disimpulkan kalau kamera depannya ini juga bagus untuk melakukan vlogging. Overall, semua hasilnya baik namun tetap ada kekurangannya.

Pada saat melakukan foto atau perekaman video di kondisi cahaya yang minim, hasil gambarnya akan terlihat cukup gelap berbeda dengan ASUS ZenFone 6 yang masih terlihat baik walaupun di kondisi gelap. Meskipun begitu, skor yang didapat dari iPhone 11 Pro Max cukup tinggi, yakni 82.

5. Google Pixel 3

Bukan HP baru, namun Google Pixel 3 ini membawa kamera selfie yang cukup mengesankan. Di HP ini ada dua kamera di bagian depan. Keduanya sama-sama menggunakan resolusi 8MP untuk wide dan ultrawide. Ada fitur Auto-HDR di dalamnya dan bisa merekam video beresolusi 1080p.

Dikatakan, eksposur dari hasil selfie-nya sangat baik. Bahkan, algoritma dari fitur HDR+ ini juga sangat bagus, bisa menghasilkan detail bayangan dengan high-contrast scene. Meskipun ada underexposure namun tidak terlalu terlihat. Selain itu, sistem autofocus yang ada di Google Pixel 3 ini punya performa sangat baik, bahkan mengalahkan Samsung Galaxy Note 9.

Autofokusnya sangat stabil dan tajam meskipun objek fotonya agak jauh, sekitar 120cm jika menggunakan tongsis. Kualitas gambar selfie ini juga berbanding lurus dengan kualitas perekaman videonya. Pasalnya, Google Pixel 3 punya performa video yang kuat, detail yang sangat baik, dan noise-nya sangat sedikit. Sayangnya, saat merekam video tidak ada fitur HDR. Lalu, saat ada objek lain yang sedang bergerak bersamaan, autofokusnya kadang agak meleset.

6. Google Pixel 4

Masih dari Google, kali ini kami merekomendasikan HP “agak” baru, yakni Google Pixel 4. Tidak ada dua kamera di depan, hanya satu kamera beresolusi 8MP lengkap dengan TOF 3D serta Auto-HDR. Sayangnya, di HP Google ini tidak membawa fitur autofocus. Meskipun begitu, Google mengklaim kalau HP-nya mampu merekam video 1080p dengan 30fps.

Dari spesifikasi sih memang terkesan biasa saja, namun jangan remehkan performanya, ya! Di kamera selfie Google Pixel 4 ini ternyata bisa menghasilkan foto yang terlihat lebih natural dan lebih terasa nyata, baik dari segi warnanya hingga detail yang dihasilkan gambarnya.

Memang tidak ada autofocus tapi Google Pixel 4 punya lensa fixed-focus dengan jarak fokus yang cukup jauh, bisa mencapai 55cm. Hasilnya, tentu saja tetap memuaskan dengan ketajaman yang sangat baik. Untuk foto jarak dekat, teksturnya agak kurang maksimal namun detailnya masih terlihat baik. Begitupun dengan noise yang terkontrol dengan sangat baik.

Sedangkan untuk merekam video, kamera depan Pixel 4 ini ternyata sangat stabil. Target untuk eksposurnya juga tergolong baik di semua kondisi. Namun ada kekurangannya, saat merekam objek dengan jarak dekat, fokusnya agak sedikit “kabur”. Tapi kekurangan tersebut tidak akan terlalu kentara jika merekam video di bawah resolusi 1080p.

7. Huawei P30 Pro

Selanjutnya, ada Huawei P30 Pro. Kali ini Huawei menyematkan kamera selfie 32MP lengkap dengan fitur HDR. Namun, di HP Huawei kali ini hanya bisa merekam video dengan resolusi 1080 piksel saja, ya. Wajar, karena ini bukanlah HP baru, tidak seperti seri P40 Pro.

Meskipun begitu, ia bisa menghasilkan foto selfie yang solid. Hal tersebut dibuktikan dari eksposur, wide dynamic range, serta keakuratan color rendering yang bagus. Eskposurnya ini cukup konsisten dan akurat untuk di segala kondisi.

Selain itu, warna yang dihasilkan juga memuaskan. Walaupun saturasi warnanya agak kurang memuaskan saat di luar ruangan, namun hasil fotonya cukup vibran. Lalu, untuk tekstur dan noise-nya masih bisa diterima walaupun bukan yang terbaik karena detailnya agak “kabur” terutama saat kondisi cahaya yang terlalu terang atau terlalu gelap.

Seperti Pixel 4, Huawei P30 Pro ini mengusung lensa fixed-focus. Untuk pengambilan foto selfie jarak 55cm, wajah bisa ter-capture dengan baik dan hasilnya cukup tajam. Saat jarak pengambilan foto agak dijauhkan, sekitar 30cm, ketajaman hasil fotonya agak menurun namun masih bisa diterima. Tapi sayangnya, saat mengambil selfie di jarak jauh (+/- 120cm), tingkat ketajaman gambarnya menurun jauh dan cenderung blur.

Sedangkan di bagian perekaman video, P30 Pro bisa menghasilkan video dengan eksposur dan warna yang sangat baik. Meskipun merekam video dengan kondisi cahaya yang minim, eksposurnya masih tetap akurat berkat proses dari HDR Video.

Meskipun begitu, ada sedikit kekurangannya saat merekam video di luar ruangan. Gambar di video memiliki noise yang cukup terlihat dan teksturnya juga tidak terlalu baik jika mode HDR-nya dimatikan. Tapi, detail di wajahnya masih cukup baik kok.

8. Xiaomi Mi Mix 3

Ada dua kamera di Xiaomi Mi Mix 3, yakni 24MP untuk wide dan 2MP untuk depth sensor. Kedua kamera selfie ini punya konsep pop-up. Untuk fiturnya, Xiaomi membekalinya dengan LED flash, HDR, serta panorama. Yang menarik, HP rilisan 2018 ini sudah bisa merekam video di resolusi 4K dengan 30/60fps. Yuk, lihat performanya!

Sama seperti kamera di HP sebelumnya, Xiaomi juga membawa kamera depan dengan target eksposur cukup akurat, terutama soal kecerahan di bagian wajah baik itu dalam kondisi cahaya yang minim atau pun cahaya yang terang. Detail preservation juga cukup tinggi baik itu sedang berada di dalam atau pun di luar ruangan.

Color rendering-nya juga bagus, hanya saja white balance agak kurang konsisten. Terkadang, white balance-nya menimbulkan warna kekuningan/kehijauan saat memotret di luar ruangan. Tapi semua itu masih bisa dimaafkan. Yang perlu diapresiasi pada kamera depannya ini adalah noise-nya cukup berkurang dengan baik.

Meskipun begitu, noise dan luminansinya masih agak terlihat terutama saat memotret dalam kondisi cahaya yang sangat terang. Fyi, luminansi adalah jumlah cahaya yang digunakan untuk membentuk sebuah foto.

Sedangkan di bagian perekaman video, hasilnya cukup baik. Target terekspos cukup akurat di berbagai kondisi. Hanya saja saat merekam wajah dengan kondisi cahaya yang sangat gelap, hasilnya kurang memuaskan tapi masih acceptable. Dengan hasil video seperti tadi, maka kamera depan ini mendapatkan skor 86 dari DXOMARK.

9. Samsung Galaxy Z Flip

HP yang cukup mahal dengan banderol harga sekitar 20 jutaan ini juga layak untuk masuk sebagai HP kamera selfie terbaik. Untuk spesifikasinya sendiri, HP ini memiliki kamera depan beresolusi 10MP (wide) lengkap dengan fitur HDR. Hal menariknya adalah, Samsung mengklaim hanya bisa melakukan perekaman video resolusi 4K dengan 30fps.

Untuk hasil selfienya, jujur saja tidak begitu mengesankan. Sekelas HP flagship, justru hasil selfie ini terlihat mirip dengan Samsung A71. Meskipun begitu, kameranya masih mampu menargetkan eksposur ke wajah dengan akurat dan reasonably. Untuk hasil selfienya terlihat lebih warm yang agak kekuningan.

Kelebihan lainnya ada di color rendering karena bisa menghasilkan saturasi yang tinggi serta skin tone yang memuaskan. Tapi sayangnya, skin tone tersebut agak kurang konsisten terutama saat coba mengambil gambar dengan background yang berbeda. Untuk foto bokeh juga agak kurang menarik karena hasilnya terkesan hanya blur di bagian belakang saja, tidak natural.

Kesimpulannya, HP ini memiliki kamera depan yang tidak mengesankan mengingat Galaxy Z Flip berada di kelas flagship. Tapi, ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan, seperti vivid dan color yang baik, noise terkontrol dengan baik saat di luar ruangan, eksposur yang akurat baik secara umum maupun saat menggunakan lampu flash.

10. Nokia 7.2

Last but not least, kalau mau beli HP kamera depan yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau, Nokia 7.2 adalah pilihan yang tepat. Dengan harga mulai 4 jutaan ini, Nokia menggunakan kamera depan resolusi 20MP. Yang menarik, di kamera depan ini ada Zeiss optics. Tidak lupa, Nokia juga menyematkan fitur HDR serta perekaman video 1080p@30fps.

Untuk performa di HP kelas middle, HP ini bisa menghasilkan selfie yang baik. Ada peningkatan untuk eksposur, stabilitas, performa flash-nya, dan bokehnya jika dibandingkan dengan Google Pixel 2. Dynamic range yang dihasilkan foto selfie ini punya highlight dan detail bayangan yang baik, terutama saat menyalakan mode HDR.

Tapi sayangnya, noise yang dihasilkan masih cukup kentara. Bahkan, objek yang berada di bagian belakang (background) terlihat tidak terlalu fokus. Lalu, untuk hasil foto bokehnya juga tidak terlalu natural.

Beralih ke perekaman video, kameranya bisa mendapatkan hasil dengan tekstur dan detail yang akurat. Tapi, white balance-nya agak kurang akurat, begitu pun dengan color rendering-nya. Meskipun begitu, untuk merekam video, HP ini bisa dikatakan cukup stabil meski secara keseluruhan hasilnya tidak sebagus 9 HP sebelumnya.

Seperti itulah rekomendasi HP dengan kamera selfie terbaiknya. Kami menjabarkannya berdasarkan hasil tes dari DXOMARK dan GSMARENA. Rata-rata, HP yang memiliki kamera depan bagus adalah HP high-end. Tapi, untuk yang ingin punya HP dengan kamera selfie bagus dan harga terjangkau, mungkin Nokia 7.2 bisa menjadi pilihan yang tepat. Nah, kalau kamu lebih suka HP yang mana nih?