Final Fantasy 15

7 Game RPG PC yang Terbaik dan Seru untuk Dimainkan

7 Game RPG PC yang seru dan asyik serta booming untuk dimainkan.
7 Game RPG PC yang seru dan asyik serta booming untuk dimainkan.

7 Game RPG PC yang Terbaik dan Seru untuk Dimainkan – Ada banyak platform yang menyediakan game PC, baik itu gratis maupun berbayar. Setiap platformnya juga memiliki berbagai macam jenis permainan. Salah satu jenis game PC yang populer dan sering dimainkan adalah RPG.

RPG sendiri merupakan permainan bermain peran. Pemainnya akan memerankan suatu karakter tertentu dengan skill dan kekuatan masing-masing. Game RPG punya konsep open world yang artinya pemain harus berkeliling dan mengikuti alur cerita dari game.

Maka dari itu, nggak heran kalau main game RPG membutuhkan waktu yang super lama. Oleh karena itu, jika kamu ingin menghabiskan waktu senggang dengan main game berdurasi lama, mungkin salah satu dari 10 game RPG ini bisa membantumu. Berikut ulasannya!

1. Assassin’s Creed Odyssey

Assassin's Creed Odyssey

Salah satu seri game Assasin Creed yang berkonsep RPG adalah Assassin’s Creed Odyssey. Bisa dibilang, ini adalah salah satu game RPG yang mengesankan karena pada seri awal Assassin Creed tidak mengusung konsep open world.

Di game ini, pemain boleh memilih salah satu karakter yang tersedia, Alexios atau Kassandra. Keduanya memiliki peran sebagai seorang Assassin dan punya jalan cerita yang berbeda. Namun, pada akhir cerita ternyata keduanya punya hubungan satu sama lain bahkan memiliki dendam yang sama.

Cerita semakin berkembang ketika kamu mengetahui bahwa Alexios atau pun Kassandra memang sudah dimanfaatkan oleh villain untuk menguasai dunia dengan cara yang buruk. Untuk melawan villain tersebut, pemain akan dibekali dengan persenjataan lengkap ala zaman 431-422 BC, seperti panah dan pedang.

2. Monster Hunter: World (2018)

Monster Hunter World (2018)

Sesuai dengan namanya, di sini pemain akan berperan sebagai seorang pemburu monster. Monster yang diburu bukanlah monster yang mudah. Bahkan, monster-monster yang muncul punya wujud aneh, ada yang tinggi besar, bersayap, seperti naga, hingga monster yang mirip seperti dinosaurus.

Hal yang menarik dari game ini adalah CGI-nya karena terlihat begitu mulus dan seperti berada di dunia fantasi. Oh iya, selama bermain game ini, pemain akan ditemani oleh pet yang lucu berjenis Palico. Bentuknya seperti kucing, namun kucing ini bisa menghidupkan pemain dengan memberi life potion khusus.

3. Deus Ex: Human Revolution (2011)

Deus Ex Human Revolution (2011)

Berbeda dengan dua game sebelumnya, di Deus Ex: Human Revolution (2011) punya setting yang modern, tepatnya tahun 2027. Pemain berperan sebagai Adam Jensen, seorang mantan SWAT yang bekerja sebagai security officer di perusahaan Sarif. Tapi, perusahaan itu terbilang kontroversial karena berani membuat organ berbasis artificial.

Keberhasilan Sarif dalam membuat organ buatan itu ternyata membuat pihak lain menyerang Sarif Industries. Dalam penyerangan tersebut, salah satu peneliti perusahaan Sarif sekaligus pacar Adam Jensen harus meninggal dunia. Bahkan, Adam sendiri terluka parah dan harus melakukan perawatan selama 6 bulan.

Setelah 6 bulan, Adam Jensen pun pulih dari masa kritisnya. Ia dibekali berbagai macam senjata modern untuk mengejar pihak yang sudah menyerang perusahaan Sarif sekaligus membalaskan dendam atas kematian pacarnya. Dalam perjalanannya, ia dihadapkan oleh berbagai macam teori konspirasi, siapakah yang menyerang Sarif waktu itu? Apa motifnya? Langsung main gamenya, ya!

4. South Park: The Stick of Truth

South Park The Stick of Truth

Ini adalah game RPG yang punya tipe santai dan bahkan mengocok perut dengan konsep dark jokes. Di South Park: The Stick of Truth, pemain akan berperan sebagai New Kid yang tidak sengaja terlibat dengan dunia RPG. Sayangnya, di dunia tersebut sedang berperang untuk mengambil alih kekuatan Stick of Truth.

Tugas New Kid adalah untuk meredam konflik, baik dengan para zombie Nazi, gnomes, hingga alien. Untuk menuntaskan konflik, kamu harus melawan semuanya dengan berbagai skill sesuai dengan job yang dipilih. Ada 4 job/archetype, yakni Fighter, Thief, Mage, dan Jew. Semua archetypes tersebut dibekali dengan berbagai macam persenjataan dan sistem menyerang yang lincah namun tetap konyol.

5. The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher 3 Wild Hunt

The Witcher 3: Wild Hunt adalah sequel untuk game sebelumnya dengan judul The Witcher 2: Assassins of Kings. Dalam sequel ini pemain akan berperan sebagai tokoh protagonis bernama Geralt of Rivia. Ia dikenal sebagai monster slayer alias pembunuh para monster. Tujuan dia hanya satu, yakni mencari putri angkatnya yang kabur dari Wild Hunt.

Selama perjalanan Geralt mencari sang anak, ia harus berhadapan dengan berbagai monster. Semua monster tersebut bisa dibunuh dengan ability, skill, dan weapons yang sudah disediakan. Permainan semakin menarik, karena cerita dari gamenya berkembang dengan baik melalui beberapa quest story yang terkait dengan main story-nya.

6. Final Fantasy 15

Final Fantasy 15

Berbicara soal game RPG di PC, pasti tidak akan terlepas dari yang namanya Final Fantasy. Salah satu game Final Fantasy terbaik adalah Final Fantasy 15. Game ini punya ide cerita fantasi yang menarik dengan konsep open world yang luas sehingga pemain tidak akan pernah merasa bosan untuk memainkannya.

Diceritakan, dunia Eos mengalami masa gelap setelah Niflheim menyerang dan mencuri sebuah Crystal. Untuk membuat Eos menjadi dunia yang damai, Noctis Lucis Caelum: sebagai keturunan Lucian yang menjaga Crystal, harus mencari dan mengembalikan Crystal ke tempat semula.

Namun, perjalanan Luctis tidaklah mulus. Banyak tantangan yang harus ia lewati, mulai dari para monster hingga para tentara dari Niflheim. Setelah mengalami petualangan panjang, akhirnya Luctis menemukan fakta bahwa ia adalah “True King” yang harusnya memimpin Eos menuju kedamaian.

7. World of Warcraft

World of Warcraft

Beralih ke game RPG yang bisa dimainkan secara online (MMORPG), World of Warcraft tidak bisa dilupakan dari daftar ini. Pasalnya, World of Warcraft punya sistem bermain yang menyenangkan. Kamu bisa bertemu dengan berbagai macam players di dunia, berinteraksi, hingga main bareng dengan pemain lainnya.

Yang membuat World of Warcraft begitu digemari adalah kehadiran karakter yang beragam. Setiap update, game ini selalu memberikan karakter yang fresh. Tidak hanya itu saja, kehadiran ras dan faksi pun menjadi salah satu alasan favorit. Ada banyak pilihan ras, seperti Orcs, Trolls, Humans, hingga Dwarves yang punya peran masing-masing.

Selain itu, pemain juga perlu memilih class untuk karakternya, seperti Mage, Warrior, hingga Priest. Semua ras dan kelas yang dipilih boleh mempelajari skill sampingan sebagai arkeolog, memasak, atau memancing. Dan semua pemain boleh bergabung dengan guild. Pilihan guild-nya juga beragam, ada Tabard, Bank, Repairs, dan masih banyak lagi. Seru, kan?

Banyak sekali game RPG PC yang seru untuk mengisi waktu luangmu. Game RPG memang identik dengan game offline, namun ada juga yang bisa dimainkan secara online.

Selain itu, game RPG juga memiliki beberapa hal yang menarik, baik itu dari segi ceritanya, karakternya, hingga CGI yang mengesankan. Jadi, mana game RPG favoritmu? Yuk, bagikan pengalaman main game RPG PC favoritmu di kolom komentar!