Destinasi 5 Lokasi Wisata Pantai di Pangandaran Jawa Barat

by Ali Jihad Taufiq
Pantai Pasir Putih - igadindameitaputri

YES24.CO.ID – Destinasi 5 Lokasi Wisata Pantai di Pangandaran Jawa Barat Salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yaitu Kabupaten Pangandaran, menjadi salah satu kabupaten yang mempunyai beberapa lokasi wisata pantai yang sangat indah, eksotis, instagramable, dan banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai Pangandaran dan beberapa objek wisata pantai lain yang memang ada di kabupaten tersebut. Sejak dulu sampai sekarang, kabupaten Pangandaran menjadi salah satu kabupaten yang terkenal dengan wisata pantai yang tidak terkalahkan dengan beberapa pantai yang ada di Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang ada di pantai Pangandaran di antaranya Pantai Batu Karas, pantai Batu Hiu, dan beberapa pantai lainnya yang memang menjadi tujuan wisata.

Pangandaran merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat yang pusat pemerintahannya berada di Parigi, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di sebelah utara selanjutnya berbatasan dengan Cilacap di area Timur, samudra Hindia di bagian Selatan dan Kabupaten Tasikmalaya di bagian barat. Di Kabupaten Pangandaran ini mempunyai banyak sekali destinasi wisata selain Pantai Pangandaran yang memang patut untuk dikunjungi bagi anda semua para pecinta destinasi wisata Pangandaran.

Sejarah kabupaten Pangandaran

Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila pada mulanya Desa pananjung Pangandaran dibuka dan ditempati oleh nelayan yang berasal dari suku Sunda dan selanjutnya penyebab pendatang lebih memilih daerah Pangandaran untuk menjadi lokasi tempat tinggal dikarenakan gelombang laut yang lebih kecil sehingga memberikan kemudahan untuk mereka dalam mencari ikan sehingga di lokasi Pantai Pangandaran terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut yang saat ini menjadi cagar alam atau hutan lindung.

Dahulunya daerah ini disebut dengan desa pananjung dikarenakan menurut para sesepuh terdahulu selain di daerah ini ada Tanjung akan tetapi terdapat beberapa keramat di beberapa titik tempat dimana pananjung mempunyai arti pengunjung Nanjung atau di dalam bahasa Indonesia paling subur atau paling makmur.

Selanjutnya pananjung di tahun 1934 dijadikan suaka alam dan margasatwa yang mempunyai luas sekitar 530 hektar dan di lokasi ini tepat di tahun 1961 ditemukan bunga Rafflesia patma sehingga lokasi ini langsung dijadikan sebagai cagar alam dan selanjutnya lebih ih terkenal dengan nama Pangandaran.

Wisata pantai di Pangandaran

Selain mempunyai pantai bernama Pantai Pangandaran yang sangat terkenal sampai di seluruh Nusantara dan juga luar negeri, di Pangandaran sendiri terdapat beberapa pantai yang memang banyak pengunjung dikarenakan mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa diantaranya adalah:

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas - IGviolina02

Pantai pertama yang ada di Kabupaten Pangandaran yaitu Pantai Batu Karas, dimana pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Pangandaran Jawa Barat yang akan memberikan pesona alam yang sangat eksotis indah dan luar biasa, apalagi bagi kalian yang ingin menjelajahi keindahan pesisir pantai maka pantai Batukaras bisa menjadi alternatif wisata anda dan keluarga.

Pantai ini tidak jauh dari pantai Pangandaran dimana lokasinya sendiri berada di desa Batukaras, kecamatan Cijulang, kabupaten Pangandaran. Di lokasi pantai ini anda semua bisa menikmati suasana pantai dengan ombak laut yang sangat tenang dan di lokasi ini pun para pengunjung bisa bersantai di beberapa spot wisata sambil menikmati hidangan laut yang tersedia yang dijajakan oleh para penjual.

Pantai Batu Karas banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan terutama saat hari libur tiba dan wisatawan biasanya ketika berkunjung ke lokasi pantai ini menghabiskan waktu dengan berenang, berperahu, berselancar, dan beberapa aktivitas lainnya dan di lokasi ini untuk fasilitas sudah mumpuni dikarenakan sudah ada hotel dan lainnya.

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu - IGwisniatrias

Pantai Batu Hiu – IGwisniatrias

Pantai kedua yang sangat terkenal di Kabupaten Pangandaran adalah Pantai Batu Hiu dimana lokasi ini disebut dengan Batu Hiu, dikarenakan adanya sebuah batu yang mirip seperti sirip ikan hiu dengan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Pantai Batu Hiu berada di desa ciliang, kecamatan Parigi, kabupaten pangandaran. Di lokasi ini biasanya selain menjadi wisata pantai yang sangat eksotis, akan tetapi banyak sekali fotografer yang mengabadikan momen dan juga para pengunjung yang berfoto selfie di area Batu Hiu.

Pantai madasari

Pantai madasari - IGratnajuh

Pantai madasari – IGratnajuh

Selanjutnya pantai ketiga yang berada di Pangandaran yang sudah sangat terkenal dari dulu sampai sekarang adalah pantai madasari di mana Di pantai ini terbilang salah satu pantai terunik di Pangandaran dikarenakan mempunyai Panorama Pulau kecil dan hijau pepohonan di desa masawah yang sangat terkenal dan sangat indah.

Pantai madasari mempunyai Pasir Pantai Putih yang bersih dan juga bagus dan bagi para pengunjung yang berada di pantai ini bisa Menikmati keindahan alam sambil berfoto selfie dengan keluarga.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih - igadindameitaputri

Pantai Pasir Putih – igadindameitaputri

Selanjutnya pantai keempat di Pangandaran yang patut untuk Anda kunjungi yaitu Pantai Pasir Putih, pantai ini berada di sisi barat cagar alam pananjung yang memang benar-benar pantai berwarna putih dan beda dengan beberapa pantai yang ada di Pangandaran yang pada umumnya mempunyai warna coklat.

Daya tarik Pantai Pasir Putih yaitu nuansa alami yang masih terjaga dengan baik dikarenakan lokasinya berada di area konservasi dan di sinilah para pengunjung bisa menemukan banyak sekali kera yang memang keliaran akan tetapi aman.

Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini - IGkarang.nini

Pantai Karang Nini – IGkarang.nini

Selanjutnya pantai ke-5 ada di Kabupaten Pangandaran yang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Pantai Karang Nini. Pantai ini berada di desa Emplak, kecamatan Kalipucang, kabupaten Pangandaran, dan untuk lokasinya berada di balik hutan yang lumayan lebat dimana kalian ketika akan mengunjungi Pantai Karang Nini harus menempuh perjalanan 2 Km lebih supaya bisa menuju ke lokasi wisata ini di mana untuk perjalanan menuju wisata tersebut memiliki kondisi yang kurang memadai sehingga harus berhati-hati.

Walaupun para pengunjung harus sedikit bersusah payah ketika pengunjung pantai Karang Nini, akan tetapi rasa lelah setelah sampai di pantai ini akan terbalaskan dikarenakan Suasana pantai yang luar biasa di mana para pengunjung bisa melakukan foto selfie akan tetapi harus tetap menjaga lingkungan sekitar.

Tips berwisata di pantai Pangandaran

Bagi kalian semua yang ingin berwisata di salah satu pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran termasuk salah satunya Pantai Pangandaran, maka ada beberapa tips yang harus kalian persiapkan diantaranya adalah.

  • Membawa perbekalan ketika liburan ke lokasi ini baik makanan dan minuman
  • Membawa peralatan mandi seperti sabun, shampo, dan baju Salim
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan pantai
  • Selalu bersikap baik ketika berada di pantai
  • Apabila kalian ingin berenang di pantai, maka tetap harus waspada dan jangan sampai jauh dan direkomendasikan hanya di tepi pantai saja.

Itulah pembahasan kami tentang Lima pantai yang ada di Kabupaten pangandaran selain Pantai Pangandaran yang sudah sangat terkenal. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda semua dan kami ucapkan selamat berwisata dengan keluarga tercinta.

related articles