Cuci Tangan 6 Langkah yang Baik dan Benar

by admin_jack
Cuci Tangan

Pada awal tahun 2020 lalu, dunia diramaikan dengan kehadiran virus mematikan baru, yaitu coronavirus. Virus ini datang dari negeri tirai bambu, China. Perlu diketahui, sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan infeksi virus ini. Karena hal ini pencegahan penting untuk dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi akibat virus corona ini adalah dengan melakukan cuci tangan 6 langkah.

Cara cuci tangan ini merupakan standar cuci tangan World Health Organisation (WHO). Tidak hanya karena keberadaan Covid-19, cara mencuci tangan ini penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang belum mengetahui cara dari 6 langkah cuci tangan ini, simak pembahasan berikut ini.

Cuci Tangan 6 Langkah yang Baik dan Benar

Gosok Telapak Tangan

Sebelum mulai mencuci tangan, pastikan Anda menyediakan sabun dan menggunakan air mengalir. Kedua hal tersebut menjadi media cuci tangan yang terbaik untuk membunuh kuman. Setelah Anda memastikan keberadaan keduanya, lakukan langkah pertama dari cuci tangan 6 langkah, yaitu dengan menggosok kedua telapak tangan.

Lakukan dengan cara menempellan bagian telapak tangan kiri dengan telapak tangan kanan. Anda harus melakukan langkah ini hingga sabun berbusa di kedua tangan Anda. Jika Anda merasa ragu apakah sudah bersih atau belum, lakukan cara tadi secara berulamg-ulang hingga Anda yakin bahwa Anda sudah melakukannya dengan benar.

Gosok Punggung Tangan

Setelah menggosok telapak tangan, Anda harus menggosok kedua punggung tangan Anda. Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Gosoklah salah satu punggung tangan kiri Anda dengan menggunakan telapak tangan kanan Anda. Lakukan cara tersebut secara bergantian dan berulang-ulang.

Gosok Sela Jari

Cara cuci tangan 6 langkah yang selanjutnya adalah menggosok sela-sela jari. Cara ini bisa Anda lakukan dengan menyilangkan jari kanan dengan jari pada tangan kiri. Pada langkah ini Anda harus memastikan Anda melakukannya dengan baik dan benar. Ini agar tangan Anda benar-benar bersi dan pada bagian inilah yang biasanya terlupakan pada saat mencuci tangan. Hal tersebut tentu bisa mengundang penyakit.

Gosok Bagian Dalam Jari

Selain sela jari, Anda juga harus menggosok bagian dalam jari tangan Anda. Lakukan lamgkah ini dengan cara menggosokan bagian dalam dan punggung jari. Anda harus melakukannya dengan cara yang baik dan benar.

Bersihkan Ibu Jari

Cara cuci tangan 6 langkah yang selanjutnya adalah membersihkan ibu. Ini bisa dilakukan jika jari tangan lain sudah benar-benar bersih. Jika kebersihan jari tangan selain ibu jari sudah dapat dipastikan, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan menggosok-gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan yang lain.

Jika yang sedang dibersihkan tangan kiri, gunakan genggaman tangan kanan, begitupun sebaliknya. Lakukan langkah tersebut secara berulang-ulang hingga ibu jari benar-benar bersih.

Bersihkan Kuku-kuku

Langkah yang terakhir adalah membersihkan kuku-kuku tangan. Anda bisa membersihkan ujung jari beserta kukunya dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari, hingga keduanya saling bertemu. Setelah itu, gosokan pada telapak tangan dengan arah yang berlawanan.

Itulah cara melakukan cuci tangan yang sesuai dengan standar WHO. Jangan lupa untuk membilas tangan Anda dengan menggunakan air mengalir jika setiap langkah tersebut sudah dilakukan. Untuk mengeringkan tangan, Anda juga harus menggunakan lap tangan yang terjamin kebersihannya agar kesehatan Anda tetap terjamin.

Jangan lupa untuk melakukan cara cuci tangan 6 langkah ini secara rutin, agar Anda terhimdar dari penyakit. Demikian pembahasan mengenai 6 langkah cuci tangan, semoga bermanfaat.

related articles