Ciri Mobil Matic Rusak Yang Harus Diketahui

by Ali Jihad Taufiq
Mobil Matic Rusak-IGmonjalimotor

YES24.CO.ID – Ciri Mobil Matic Rusak Yang Harus DiketahuiĀ Bagi kalian semua yang menggunakan mobil matic atau transmisi otomatis, maka pastinya kalian akan ingin mengetahui terkait ciri atau tanda kerusakan pada mobil matic dan oleh karena itu, melalui artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua. Mobil matic adalah mobil yang sangat mudah untuk dikendarai dikarenakan mobil matic tidak harus menginjak kopling dan untuk kaum perempuan yang ingin menggunakan mobil dengan Mahir dan juga bagus maka mobil matic bisa menjadi alternatif sebagai pilihan untuk berkendaraan secara pribadi.

Akan tetapi mobil matic yang menjadi salah satu mobil modern di zaman sekarang ini, mempunyai kelebihan dan kekurangan yang pastinya harus diketahui untuk kalian semua yang sudah membeli mobil matic salah satunya adalah mengenal ciri mobil matic rusak supaya kalian lebih paham terkait mobil matic. Untuk masalah gejala kerusakan mobil matic atau kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis, memang akan sedikit berbeda untuk masalah kerusakan yang dialami dengan mobil pada umumnya dikarenakan mempunyai karakteristik tersendiri yang menjadi ciri khas mobil transmisi otomatis tersebut.

Walaupun kalian semua tidak usah repot untuk pergi ke bengkel dalam melakukan pengecekan Apakah mobil matic dalam keadaan bagus atau tidak, karena untuk mobil matic sendiri akan mengeluarkan beberapa tanda yang bisa dirasakan oleh para penggunanya sebelum pada akhirnya bisa saja langsung dibawa ke bengkel terdekat.

Ciri Mobil Matic Rusak Yang Harus Diketahui

Untuk anda semua yang penasaran terkait/ciri mobil matic mengalami kerusakan, maka silakan untuk membaca artikel kami berikut ini.

Mengeluarkan suara aneh ketika memindahkan transmisi

Biasanya ketika mobil matic mengalami kerusakan yaitu terkadang mengeluarkan suara yang sedikit aneh ketika anda semua melakukan perpindahan transmisi misalnya dari N ke D, dan biasanya suara yang muncul berbunyi ‘krek’ atau ‘trek’ dan beberapa suara aneh lainnya yang memang saat pembelian mobil tidak ada suara seperti itu dan apabila memang ada suara aneh seperti itu, maka dipastikan ada sedikit kerusakan pada sistem transmisi mobil anda.

Tarikan terasa berat dan tersendat

Untuk mobil yang masih bagus akan bergetar atau menghentak sedikit di saat pedal gas diinjak dan pedal rem dilepas sedikit demi sedikit dan Apabila kejadian seperti hal tersebut kemungkinan besar ada 2 kerusakan diantaranya adalah kerusakan transmisi matic untuk jenis elektrik dan kemungkinan kerusakannya berada pada solenoid pressure atau pada tcm speed sensor. Selanjutnya untuk mobil matic yang menggunakan transmisi otomatis konvensional biasanya kerusakan disebabkan oleh mesin yang bocor atau sudah lama tidak pernah mengganti oli mesin sehingga hal ini akan membuat tekanan tidak mampu mengangkat perpindahan gigi dari putaran mesin tertentu sehingga mengakibatkan tarikan terasa berat dan terkadang tersendat.

Bergetar ketika berkendara

Di saat kalian mengendarai mobil matic dan selanjutnya terasa bergetar ketika dikendarai, maka dipastikan ada kerusakan pada mobil anda dan umumnya kerusakan tersebut berada di kampas kopling yang sudah aus dan yang paling parah adalah kampas kopling sudah mengalami gosong.

Pindah transmisi tersendat

Apabila kalian merasakan ketika memindahkan transmisi terasa tersendat maka kemungkinan besar kerusakan tersebut terjadi pada mechanical transmisi dan untuk kerusakan ini sebaiknya langsung bawa mobil anda ke bengkel terdekat dikarenakan akan berbahaya.

Ketika pindah gigi ada hentakan

Untuk perpindahan gigi pada mobil otomatis terbaru biasanya akan terasa halus saat gigi dipindahkan dan apabila ada hentakan ketika perpindahan gigi untuk mobil otomatis maka dipastikan adanya kerusakan pada mobil anda misalnya adanya kebocoran di bagian selenoid pressure yang mengakibatkan oli tidak bisa melumasi dengan sempurna di saat gigi berpindah

Penggunaan BBM boros

Apabila penggunaan bahan bakar minyak menjadi boros dan anda pun merasa heran atas kejadian tersebut, maka dipastikan mobil matic anda sedang mengalami kerusakan dikarenakan hal ini torsi mesin mobil tidak bisa menyalurkan secara maksimal ke bagian roda dan mengakibatkan putaran mesin berlebih dan Hal inilah yang mengakibatkan konsumsi BBM menjadi langsung boros.

Bagi kalian semua yang memang mengalami masalah di mobil matic maka silakan untuk membawa ke bengkel resmi supaya ditindaklanjuti agar mobil matic Anda yang harganya tidak murah alias mahal, bisa baik dan benar juga memberikan keamanan bagi para pengendara.

Tips perawatan mobil matic

Selanjutnya untuk membuat mobil matic sedikit lebih awet maka kalian pun harus melakukan beberapa tips sederhana di bawah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengganti oli secara berkala dan rutin
  2. Mobil matic tidak diperbolehkan mengangkut beban berlebih
  3. Kerajinan untuk melakukan servis sesuai yang dianjurkan supaya dapat menjaga kendaraan anda lebih baik lagi.

related articles