Cepat dan Mudah! Inilah Tutorial Blog dan Optimasinya

by admin_jack
Tutorial Blog

Cepat dan Mudah! Inilah Tutorial Blog dan Optimasinya. Membuat sebuah blog itu tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham akan coding saja. Siapa pun sekarang ini bisa untuk membuat sebuah blog, termasuk juga Anda. Cara untuk membuat blog sendiri itu sangat mudah, bahkan bagi Anda yang tidak terlalu paham dengan coding sama sekali.

Cara untuk membuat blog sendiri di bawah ini diketahui terdiri atas beberapa langkah dasar. Dari mulai menentukan topik utama, memilih platform untuk weblog, memilih sebuah hosting, menentukan nama dari domain, sampai memahami dasar-dasar WordPress.

Tentukan Topik Utama Sesuai dengan Minat Anda

Menentukan sebuah topik utama yang akan Anda bahas nantinya di blog merupakan sebuah pondasi yang sangat penting dalam membuat blog. Dengan punya topik utama yang sangat jelas, maka Anda akan lebih mudah dalam hal mengembangkan blog Anda ke depannya. Anda akan tahu apa sebenarnya yang ingin Anda capai. Anda juga akan paham berbagai konten seperti apa yang ingin Anda buat.

Ingat, ketika Anda ingin mengetahui tutorial blog maka Anda juga harus siap mengelola blog tersebut untuk jangka waktu yang panjang dan lama. Jadi pastikan juga Anda memilih sebuah topik utama weblog yang sesuai dengan hobi dan juga minat Anda. Dengan begitu maka Anda tidak akan merasa untuk terbebani dalam hal membuat konten blog.

Pilih Platform Blog Terbaik

Platform blog merupakan sebuah media yang akan Anda gunakan untuk bisa mengelola blog, dari publish artikel sampai dengan optimasi blog. Sebenarnya untuk setiap platform itu mempunyai berbagai kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Pilih Layanan Hosting yang Terbaik

Istilah dari hosting ini masih kurang familiar bagi Anda. Sederhananya, hosting itu merupakan sebuah tempat untuk menyimpan berbagai file. Dimulai dari konten, gambar, video, audio, teks, tema, sampai dengan pengaturan. Jika Anda menggunakan WordPress.com dan Blogspot, maka hosting tersebut sudah otomatis disediakan oleh platform tersebut. Nah, ketika Anda menggunakan WordPress.org, maka Anda harus menyewa hosting secara mandiri.

Tentukan Nama Domain yang Mudah Untuk Diingat Orang

Domain merupakan alamat yang akan Anda gunakan untuk mengakses website Anda. Dalam penyajian tutorial blog kali ini supaya blog Anda punya nama domain yang sangat menarik dan mudah diingat, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips ini:

  • Buatlah sebuah nama Domain yang mudah dieja.
  • Pilihlah nama Domain yang singkat
  • Hindari angka dan tanda hubung

Pahami Dasar-Dasar WordPress

Jika Anda belum pernah untuk menggunakan WordPress sama sekali, maka platform pembuatan blog atau website ini bisa terasa cukup asing bagi Anda. Maka dari itu nantinya akan diberikan gambaran sekilas mengenai berbagai bagian dasar WordPress dan fungsinya.

Cara Mengelola dan Optimasi Blog

Perjalanan untuk membuat blog Anda belum selesai. Masih ada banyak pekerjaan yang sangat perlu untuk Anda selesaikan supaya blog Anda bisa sukses. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah disiapkan berbagai tips jitu untuk bisa mengantarkan Anda menjadi seorang blogger sukses. Yuk simak beberapa tips jadi blogger sukses yang ada di bawah ini!

  • Optimasi Dasar WordPress
  • Pelajari SEO
  • Tingkatkan Kecepatan Blog
  • Optimasi untuk Mobile
  • Lakukan Riset Keyword.
  • Buat Kalender Konten
  • Promosikan Blog Anda
  • Manfaatkan Google Analytics dan juga Google Search Console
  • Bangun Backlink yang Berkualitas

Proses dalam membuat blog dengan memahami tutorial blog itu memang panjang dan juga mungkin akan melelahkan bagi Anda. Namun, proses yang panjang ini akan membuahkan sebuah hasil yang akan membuat Anda akan merasa puas, bahagia, dan tentu sangat membanggakan. Jadi sudah siapkah Anda membuat sebuah blog?

 

 

 

related articles