Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu

by Ali Jihad Taufiq
Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu -IG

YES24.CO.ID – Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan PalsuĀ Busi adalah salah satu bagian dari elemen kendaraan yang sangat penting dan dipastikan akan ada baik pada kendaraan jadul sampai yang terbaru dimana busi digunakan baik untuk kendaraan roda dua sampai roda empat dan kendaraan besar lain dimana fungsinya adalah untuk alat pemercik api yang nantinya menjadi proses pembakaran dalam sebuah mesin sehingga fungsi dari busi memang sangat penting. Namun Sangat disayangkan, dikarenakan busi menjadi sesuatu yang penting bagi sebuah kendaraan Terkadang ada saja oknum masyarakat yang menjual busi palsu di beberapa wilayah sehingga hal ini harus menjadikan kewaspadaan bagi kalian semua yang ingin membeli busi jangan sampai tertipu Oleh oknum pedagang.

Cara mudah membedakan busi asli dan busi palsu yang akan kami bahas pada artikel kali ini bertujuan supaya memberikan warning untuk kalian semua yang memang belum paham dan belum mengerti mana busi asli dan mana yang aspal. Oleh karena itu Alangkah baiknya, untuk membaca artikel kami ini dari awal sampai akhir supaya kalian lebih memahami mana yang palsu dan mana yang asli dikarenakan jika sekilas melihat busi akan sama saja namun tidak bisa dipungkiri, jika di pasaran otomotif sudah beredar luas busi palsu.

Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu

Bagi kalian yang penasaran supaya tidak tertipu ketika membeli busi, maka dibawah ini kalian bisa membedakan mana busi asli dan yang palsu dikarenakan secara garis besar ada ciri yang membedakan antara keduanya.

  1. Untuk perbedaan dasar antara busi asli dan palsu yaitu bisa dilihat dari kode di setiap busi dimana kode ini adalah bukti dari kode produksi untuk setiap busi yang mempunyai arti hanya diketahui oleh produsen pembuat. Selanjutnya untuk gusi palsu biasanya cetakan kode akan terlihat acak-acakan dan tidak rapi dikarenakan sembarangan.
  2. Ulir atau biasa dikenal dengan draT akan terlihat lebih rapi di busi asli dan terasa lebih halus anda bisa meminta kepada penjual untuk memperlihatkan merek lain supaya Anda lebih paham untuk membedakan mana busi asli dan palsu.
  3. Pada setiap busi terdapat keramik sebagai isolator dan untuk busi palsu keramik terlihat sangat cerah dan untuk busi asli warna keramik terlihat sedikit doft atau tidak cerah
  4. Selanjutnya kalian bisa melihat pada bagian Plating metal shell yang ada pada puisi tersebut dimana untuk yang asli memakai bahan baja terlihat kuat dan tidak mudah berkarat sedangkan untuk gusi palsu biasanya mudah berkarat malahan ketika kalian membukanya dari kardus sudah terdapat. Yang ada pada plating metal.
  5. Untuk busi asli tepat di bagian elektroda yang berfungsi menyebutkan bunga api akan terlihat rapi dan selanjutnya untuk yang palsu penempatan elektroda dipastikan kurang presisi dan terkadang setiap busi tidak sama.
  6. Selanjutnya melihat dari gasket atau ring di mana untuk busi asli akan terlihat lebih halus dan tidak mudah dilepas walaupun kalian putar, selanjutnya untuk busi palsu untuk bentuk gasket biasanya tidak rapi dan ada bekas potongan dan dipastikan mudah untuk dilepas.

Akibat menggunakan busi palsu

Apabila kendaraan Anda menggunakan busi palsu alias tidak memakai busi asli, maka akan ada ada beberapa akibat yang terjadi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tenaga mesin akan tidak maksimal dikarenakan proses pembakaran sangat tidak sempurna
  2. Dipastikan akan boros bahan bakar dikarenakan pembakaran yang tidak sempurna tersebut maka akan lebih menarik gas lebih banyak sehingga dalam konsumsi BBM akan sangat boros
  3. Pengeluaran uang anda akan lebih dikarenakan ketika menggunakan busi palsu biasanya tidak awet dan cepat mati.

related articles