Rasanya para pengguna provider internet Smartfren akan berbahagia dengan kehadiran program gratis internet. Ya, untuk mendukung belajar di rumah selama pandemi, Smartfren memberikan program yang dinamakan Kuota Gratis Smartfren 30GB.

Tentu saja untuk mendapatkan kuota gratis ini ada beberapa syarat yang harus ditempuh. Syarat utamanya, tentu saja kamu harus sudah menggunakan Smartfren sebagai provider internet yang dipakai.

Ada syarat lainnya? Bagaimana caranya mendapatkan kuota gratis dari Smartfrren? Berikut yes24 akan mengulas semuanya untukmu. Simak terus, ya!

Tentang Smartfren

Sebelum masuk ke pembahasan cara mendapatkan kuota gratis Smartfren 1GB, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui tentang Smartfren terlebih dahulu. Smartfren sendiri adalah salah satu perusahaan operator dan layanan 4G LTE Indonesia yang dimulai tahun 2013.

Sebelumnya, Smartfren ini bergerak dalam bidang operator dan layanan telekomunikasi seluler Indonesia (2003 – 2017). Sempat berganti-ganti nama, seperti Smart, Fren, Esia, Hepi, AHA, hingga BOLT!. Namun saat ini tetap dengan nama Smartfren.

Smartfren sendiri sudah menelurkan banyak produk, mulai dari yang ter-jadul, CDMA 2000 1x, hingga yang terbaru yakni 4G LTE 850 MHz. Siapa pemilik Smartfren?

Di tahun 2003 – 2010, Smartfren dimiliki oleh Global Mediacom. Kemudian pada tahun 2003 – 2016, Bakrie Group juga menjadi salah satu pemilik Smartfren. Pada tahun 2013 – 2018, Lippo Group juga turut andil dalam memiliki Smartfren. Lalu di tahun 2006 – hingga saat ini, Sinar Mas masih menjadi pemilik Smartfren.

Apa itu Kuota Gratis Smartfren?

Roberto Saputra, selaku Chief Brand Officer Smartfren mengatakan tujuannya diadakan paket ini untuk mendukung program pemerintah untuk belajar di rumah selama masa pandemi. Beliau juga menyebutkan, program ini bertujuan untuk memperlambat penyebaran virus Covid-19.

Dengan kehadiran program tersebut maka banyak siswa yang terbantu demi memperlancar kegiatan belajar di rumah. Nah, selama mendapatkan paket gratis ini, siswa akan mendapatkan gratis kuota setiap harinya sebanyak 1GB dengan waktu 30 hari atau satu bulan penuh.

Untuk mendapatkanya juga tidak sulit hanya perlu mengikuti beberapa langkah simple. Setiap siswa harus mendaftar di link tertentu, kemudian isilah data diri dengan lengkap dan benar. Untuk lebih lengkapnya, akan kami jelaskan di paragraf selanjutnya.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Smartfren 1GB Setiap Hari

Bagi para siswa yang membutuhkan kuota internet Cuma-Cuma dari Smartfren, tidak perlu khawatir karena cara mendapatkannya sangat mudah. Mari cek beberapa langkahnya berikut ini:

  1. Pertama, pastikan kamu sudah menggunakan kartu Smartfren di HP yang akan dikoneksikan ke internet.
  2. Setelah itu, silakan langsung download aplikasi mySF Self Care dari Smartfren. Untuk mengunduhnya, bisa kunjungi Google Play Store atau klik link ini untuk langsung menuju ke aplikasinya.
  3. Lalu, kamu tinggal login akun Smartfren pada aplikasinya dengan klik SIGN IN. Jika kamu belum punya akun, bisa daftar akun Smartfren dengan klik SIGN UP.
  4. Jika kamu sudah berhasil mendaftarkan akun, aplikasi tersebut langsung memberikan penawaran untuk akses gratis ke Ruang Guru dengan klik kategori ENTERTAINMENT. Lalu, pilihlah opsi Kuota Ruangguru 30GB yang masa berlakunya 30 hari, Rp 0.
  5. Jika sudah, langsung klik BELI SEKARANG pada bagian bawah yang ada di dalam kotak merah.
  6. Selanjutnya, lakukan proses pembelian dan selesai. Tidak perlu membayar apapun lagi. Mudah kan?

Cara Menggunakan Kuota Gratis Smartfren

Ini adalah program khusus untuk para siswa dalam menunjang pembelajaran selama pandemi. Oleh karena itu, kuota gratis ini hanya bisa dipakai untuk mengakses aplikasi Ruang Guru saja.

Jadi, meski ada kuota internet, kamu tidak bisa menggunakannya untuk keperluan lain, seperti nonton video di Youtube, browsing, atau pun mengakses aplikasi sosial media. Hanya aplikasi Ruang Guru saja yang bisa diakses dengan kuota internet gratis ini, ya. Itu pun kamu hanya mendapatkannya sebanyak 1GB per-hari.

Untuk yang ingin belajar di Ruang Guru, tentu saja ini sangat membantu para siswa. Tapi, kalau yang tidak terbiasa belajar di aplikasi Ruang Guru, mungkin akan membutuhkan beberapa waktu untuk beradaptasi saat menggunakan aplikasinya.

Jadi, jika kamu memang membutuhkannya, silakan gunakan kuota ini sebaik mungkin. Namun, jika sekiranya kamu tidak terlalu membutuhkan atau bahkan tidak pernah menggunakan Ruang Guru, sebaiknya dipikirkan kembali, ya.

Tips dan Trik Internet Gratis Smartfren

Jika program kuota gratis Smartfren ini kurang cocok untuk kamu, mungkin tips dan trik ini bisa diterapkan untukmu. Sebenarnya ini bukan internet gratis, secara singkat kamu meminjam pulsa ke Smartfren. Jadi, kamu bisa mendapatkan pulsa dan membayarnya nanti.

Nama program pinjam pulsa ini adalah SOS Smartfren. Sayangnya, saat menggunakan SOS Smartfren ini maka peminjam akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya, kamu meminjam pulsa Rp 3000 maka harga yang harus dikembalikan adalah Rp 3600.

Untuk yang tidak keberatan dengan biaya tambahan tadi dan ingin coba SOS Smartfren, bisa langsung ikuti beberapa langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi SMS dan ketik PINJAM, lalu kirimkan pesan tersebut ke 99119.  Jangan lupa untuk mengirimkannya dengan SIM Card Smartfren, ya.
  2. Kemudian, Smartfren akan mengirimkan pulsa sebesar Rp 3000 ke nomor yang mengirim SMS.
  3. Setelah itu, daftarkan pulsa yang tadi didapat dengan ketik kode kuota gratis dari Smartfren “FUN1GB” dan kirimkan ke 9999.
  4. Terakhir, pihak Smartfren akan langsung memproses permintaan kamu. Jika disetujui maka kamu bisa memperoleh kuota gratis sebesar 1GB.

Meski terlihat sangat mudah dan murah, tapi ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan cara ini. Pertama, kode kuota gratis itu tidak bisa digunakan selamanya dan bisa berhenti kapan saja.

Kedua, kuota 1GB ini hanya berlaku untuk dua hari. Ketiga, penerima kuota gratis 1GB harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 1000 di hari berikutnya. Jadi, sebenarnya kuota gratis ini tidak benar-benar gratis tapi cukup membantu untuk kamu yang membutuhkan kuota darurat di saat tidak ada pulsa atau pun sulit menemukan tempat penjualan pulsa.

Oh iya, pinjam pulsa darurat ini juga tidak bisa diberikan secara cuma-cuma ke semua pengguna Smartfren. Ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi. Berikut beberapa persyaratannya:

  • Untuk menikmati SOS Smartfren, pelanggan harus terdaftar sebagai pengguna Smartfren Prabayar.
  • Peminjam harus sudah menggunakan pulsa sekecil-kecilnya (minimum) Rp 10.000 s/d Rp 30.000 dalam waktu 6 bulan.
  • Harus sudah melunasi pinjaman pulsa sebelumnya.
  • Tercatat sebagai pengguna aktif Smartfren, baik untuk keperluan SMS, Internet, atau telepon.
  • Pelanggan Smartfren aktif selama 90 hari.
  • Hanya mengalami masa tenggang kartu selama tiga kali dalam setahun.

Kamu memenuhi syarat dan ketentuan di atas? Artinya, kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan kuota gratis 1GB dari Smartfren. Sekali lagi, kode kuota internet tadi ada batas waktunya, ya.

Seperti itulah cara mudah untuk mendapatkan kuota gratis Smartfren 1GB setiap hari. Cukup menarik namun ada beberapa regulasi yang harus dipenuhi oleh para penerima kuota gratis. Juga, kuota ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi Ruang Guru saja.

Meski begitu, Smartfren juga memberi opsi kuota gratis lainnya yakni dengan meminjamkan pulsa kepada pelanggannya. Ada kode kuota gratis yang hanya bisa diakses di waktu tertentu dan sayangnya kode tersebut bisa dihentikan sewaktu-waktu. Apapun itu pilihannya, tetap saja Smartfren cukup membantu siswa dengan memberikan kuota gratis untuk belajar. Semoga bermanfaat untuk kamu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here