Selain Smartfren, salah satu provider ternama di Indonesia – Tri / 3 – juga memberikan program kuota gratis dengan kapasitas unlimited setiap hari. Tentu saja ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku, tapi kalau dari 3 ini lebih fleksibel.

Pasalnya, kuota internet gratisnya ini bisa digunakan untuk banyak aplikasi, tidak hanya untuk belajar di Ruang Guru saja. Sayangnya, untuk menikmati kuota gratis hanya bisa dilakukan di jam-jam yang telah ditentukan oleh pihak 3.

Meskipun begitu, 3 juga punya tujuan baik dengan kehadiran programnya ini, yakni untuk mendukung pemerintah agar warga Indonesia bisa tetap produktif meski berada di rumah.

Lalu, kuota gratisnya juga tidak diperuntukan para pekerja saja, karena siswa juga bisa menikmati kuota ini untuk belajar dengan memberikan akses ke beberapa aplikasi e-learning, Google Classroom Ruang Guru, Edmodo, dan Zenius. Apa lagi yang ada di program ini? Yuk, baca artikel yes24 sampai akhir!

Tentang Kuota Gratis 3 Unlimited

Demi melancarkan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah selama pandemi, 3 menawarkan sebuah program internet gratis dengan nama AlwaysOn. Dalam program tersebut, pelanggan akan diberi tambahan kuota untuk mengakses beberapa aplikasi e-learning dan aplikasi sosial media.

Ada empat aplikasi e-learning yang bisa diakses oleh program ini, yakni Google Clasroom, Ruang Guru, Edmodo, dan Zenius. Selain keempat aplikasi tadi, AlwaysOn juga bisa digunakan untuk aplikasi chatting WhatsApp. Lalu, kuota gratis ini juga bisa digunakan untuk streaming video di Youtube.

Sayangnya, kuota gratis ini hanya bisa diakses pada jam-jam tertentu, yakni jam 01.00 sampai dengan 17.00 saja. Sistemnya tidak menambahkan kuota, tapi memberikan akses gratis ke beberapa aplikasi, dan semuanya unlimited. Jadi, ketika kamu mengakses aplikasi-aplikasi tertentu maka tidak akan menyedot kuota yang kamu miliki. Cukup menarik, kan?

Syarat dan Ketentuan Kuota AlwaysOn

Sebelum masuk ke tahap cara mendapatkan kuota internet gratis dari 3, sebaiknya pelajari dulu beberapa syarat dan ketentuan yang diberikan oleh 3. Untuk mengetahuinya, kamu bisa baca beberapa poin berikut ini:

  • Pengguna aktif Tri AlwaysOn dan kuota gratis hanya bisa untuk akses aplikasi-aplikasi yang sudah dipilih oleh Tri.
  • Kuota gratis hanya bisa diakses di jam 01.00 sampai 17.00 waktu setempat di seluruh wilayah Indonesia yang sudah mencakup jaringan Tri.
  • Jika sudah melebihi jam yang sudah ditentukan (di atas jam 17.00) maka akan dikenakan biaya normal alias menggunakan paket internet biasa.
  • Masa aktif untuk menggunakan AlwaysOn adalah 3 hari.

Jika kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang tertera di atas, kemungkinan besar kamu sudah bisa menikmati kuota gratis dari Tri. Tapi, untuk syarat dan ketentuan tersebut bisa berubah kapan pun, bisa ditambahkan atau dikurangi.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis 3 Unlimited Setiap Hari

Setelah membaca persyaratan tadi dan kamu menyanggupi semuanya, kini saatnya mulai proses mendapatkan kuota gratisnya. Tidak sulit, kamu hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Pastikan kamu sudah terdaftar dan menggunakan kartu Tri sebagai provider internet.
  2. Setelah itu, unduh aplikasi Tri yang bernama Bima+. Untuk mengunduhnya bisa kunjungi aplikasi PlayStore atau klik link ini.
  3. Jika sudah berhasil menginstall aplikasinya, bisa langsung masuk dengan nomor Tri. Atau, jika kamu belum terdaftar bisa langsung daftarkan nomor Tri kamu. Caranya, cukup masukkan nomor Tri dan tuliskan nama lengkap.
  4. Selanjutnya, klik menu 3Product. Lalu, aktifkan paketnya dengan memilih opsi paket always on kuota aktif selamanya.
  5. Ada dua pilihan paket yang bisa dipilih, yakni AlwaysOn + Unlimited 10GB atau AlwaysOn + Unlimited 6GB. Pilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  6. Kemudian, klik pada bagian beli. Lalu, kamu bisa membayarnya dengan beberapa pilihan, seperti pulsa Tri, Go-Pay, kartu kredit, Alfamart, atau Doku Wallet.
  7. Terakhir, tunggulah konfirmasi dari pihak Tri. Jika berhasil, pihak Tri akan memberikan notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil dan paket internet yang dipilih sudah aktif. Sekarang, kamu hanya perlu menikmati kuotanya.

Oh iya, untuk dua paket AlwaysOn tadi punya harga yang berbeda. Berikut daftar harga dua paketnya:

  • Unlimited + AlwaysOn 6 GB: Rp 55.000
  • Unlimited + AlwaysOn 10 GB: Rp 80.000

Perlu diketahui, harga bisa berubah kapan pun. Untuk setiap daerah dan wilayah, kemungkinan punya harga yang berbeda, ya.

Cara Menggunakan Kuota Gratis 3 Unlimited

Sebenarnya tidak ada penambahan kuota di dalam paket internet yang kamu pilih. Kamu tetap mendapatkan kuota internet sesuai dengan paket yang ada. Lantas dimana letak gratisnya dan bagaimana cara menggunakannya?

Untuk menikmati kuota gratisnya, kamu bisa internetan di jam 1 siang hingga jam 5 sore. Pada jam tersebut, kuota internet tidak akan berkurang dan kamu bebas browsing (internetan). Tapi hanya aplikasi-aplikasi tertentu saja yang bisa diakses secara gratis.

Aplikasi-aplikasi tersebut adalah, Youtube, Gmail, Facebook, Whatsapp, Ruang Guru, Google Classroom, Zenius, dan Edmodo. Cukup banyak aplikasi yang support dengan paket internet ini dan cenderung cocok untuk semua kalangan, baik para pelajar maupun umum.

Cara Lain untuk Mendapatkan Kuota Gratis 3

Selain paket AlwaysOn, 3 juga memiliki paket internet lainnya yang dinamakan dengan Tri Get More. Sama seperti sebelumnya, di Tri Get More, kamu juga bisa mendapatkan kuota gratis hingga 10GB untuk di jaringan 4G. Untuk mendapatkannya, kamu bisa ikuti cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi SMS dan kirimkan pesan dengan format kuota gratis. Misalnya “MAU 4GM2
  2. Lalu, kirimkan pesan tersebut ke nomor 234.
  3. Kemudian, tunggulah konfirmasi dari pihak Tri. Jika berhasil maka kamu akan mendapatkan bonus kuota yang langsung masuk ke nomor kamu.

Nah, untuk setiap bonus kuotanya punya format yang berbeda. Ada tiga format yang bisa kamu coba, berikut adalah formatnya:

  • Tri Get More 2GB, bonus 4GB 4G (format MAU 4GM2)
  • Tri Get More 3GB, bonus 6GB 4G (format MAU 4GM3)
  • Tri Get More 5GB, bonus 10GB 4G (format MAU 4GM5)

Sebagai catatan, harga dan ketentuan bisa berubah kapan pun. Jadi, pastikan kamu mengecek ulang informasinya, ya.

Tidak sulit untuk mendapatkan internet gratis dari Tri. Kuota gratisnya bisa didapatkan melalui aplikasi Bima+ atau mengirim SMS sesuai dengan formatnya.

Untuk mendapatkan kuota gratis dengan cara SMS, disarankan untuk mengirim format bonus internet yang terkecil dulu, jangan langsung mengirim format bonus internet yang paling besar.

For your info, mendapatkan bonus dari Tri ini tidak selalu berhasil tergantung dengan kebijakan dari Tri. Biasanya Tri selalu aktif untuk memberikan program bonus internet yang beragam dan menarik, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba kuota internet gratis yang diberikan Tri? Atau punya pengalaman unik mengenai kuota gratis ini? Bagikan di kolom komentar, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here