Cara Melatih Suara Ayam Pelung yang Tepat
Credit : omkicau.com

Apakah Anda saat ini sedang mencari cara melatih suara ayam pelung? Sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ayam pelung yang berkembang di masyarakat Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat. Pertumbuhan jenis ayam ini cukup pesat, lantaran memiliki keunikan pada suaranya.  Ayam yang memiliki tubuh besar dan tinggi ini sangat identik dengam suara kokoknya. Suaranya mengalun sangat panjang, serta terdengar berirama disetiap kokoknya.

Kondisi inilah yang menjadikannya banyak diminati oleh para penggemar jenis ayam hias. Keunikan suara tersebut menjadi ciri khas dari ayam peluang, selain dari postur tubuhnya. Namun bukan sekedar kokokan yang panjang saja, melainkan suaranya haruslah naik dan merdu. Nah, untuk mendapatkan suara ayam tersebut ada beberapa cara dan perawatan khusus. Tanpa perawatan tersebut, suara merdu nan unik dari ayam pelung tidak akan terdengar.

 

Cara Melatih Suara Ayam Pelung dengan Perawatan yang Tepat

Untuk menghasilkan suara yang merdu layaknya ayam kontes, beberapa cara melatih suara ayam pelung melalui perawatan ini bisa dicoba.

1. Perawatan Kandang

Cara pertama untuk mendapatkan suara ayam pelung yang merdu adalah dengan merawat kandangnya secara baik. Kondisi kandang yang nyaman, tentunya akan membuat ayam lebih bersemangat dalam berkokok. Ketahuilah bahwa ayam pelung mulai memperlihatkan tanda dapat berkokok biasanya di usia 5 bulan. Anda bisa membuat papan sebagai tempat bertengger ayam yang dibuat dari bahan kayu. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan terhindar dari apapun benda-benda yang ada di sekitarnya.

Kondisi kandang yang berantakan dan penuh barang sangat bahaya bagi suara kokok ayam. Lantaran ayam pelung suka mematuk seluruh benda yang berada di sekitarnya. Hal ini sangat beresiko, jika ternyata ada benda yang berbahaya masuk ke dalam tenggorokannya. Tentu benda tersebut akan tersangkut dan bisa merusak kokok ayam yang awalnya terdengar merdu.

2. Memberikan Pakan yang Sesuai

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan jenis pakan atau makanan yang sesuai. Dalam pemberian pakan sehari-harinya, pastikan selalu memberikan pakan dengan campuran nutrisi lengkap untuk ayam pelung. Misalnya saja seperti beras merah, kacang hijau, serta kulit ari padi atau gabah. Selain itu, ada juga beberapa jenis buah yang bisa menjaga suara kokokannya seperti berikut.

  • Pisang yang mampu memberikan manfaat dalam melembutkan dan menghaluskan suara kokok ayam pelung.
  • Jeruk dapat mengobati gangguan suara serak-serak yang muncul di dalam tenggorokan.
  • Buah tomat memiliki dalam mendinginkan dan menghilangkan lendir yang ada di dalam tenggorokan ayam pelung.

3. Memberikan Multivitamin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ayam pelung biasanya dipelihara untuk dinikmati suara kokoknya yang merdu. Sehingga bagi pemiliknya,diharapkan akan memberikan multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh maupun suara kokoknya. Bagi ayam pelung yang kerap diikutkan dalam kontes, sebaiknya diberikan jamu atau ramuan herbal.

Tujuannya adalah untuk menjaga stamina, menambah nafsu makan, serta memperindah suara kokok agar semakin panjang dan merdu. Berikut ini ramuan tradisional yang bisa diberikan pada ayam pelung.

  • 3 – 4 siung bawang putih iris hingga halus, lalu campurkan dengan pakan ayam setiap pagi. Ramuan ini bisa digunakan untuk 10 ekor ayam pelung berusia dewasa.
  • 10 – 12 gram bubuk jahe yang sudah dicampur dengan pakan ayam setiap pagi. Sama seperti ramuan bawang, penggunaannya bisa diberikan pada 10 ekor ayam dewasa.
  • 2 ibu jari rempah jahe yang sudah dihaluskan, kemudian diperas dan dicampur dengan 1 kuning telur itik. Campuran ramuan tersebut bisa Anda minumkan pada ayam pelung.

4. Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Tahukah Anda bahwa ternyata menjemur ayam pelung di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat? Berikut ini manfaatnya bagi ayam pelung.

  • Membuat nafas ayam pelung menjadi lebih panjang dan naik.
  • Fisik ayam pelung menjadi tampak lebih kuat.
  • Dapat membiasakan ayam pelung yang diikutkan kontes untuk berada di lapangan atau luar kandang.
  • Mampu membunuh kuman yang menempel pada tubuh ayam sehingga jadi lebih sehat.
  • Membantu pertumbuhan bulu dan tulang ayam pelung semakin cantik

Melakukan perawatan secara tepat, menjadi kunci utama sebagai cara melatih suara ayam pelung. Tanpa teknik latihan secara khusus, ayam pelung mampu memiliki suara yang merdu dan penjang. Namun tentu saja, perawatan makan, kandang, serta kesehariannya haruslah diperhatikan. Nah, sudah tahu bukan bagaimana cara mendapatkan suara ayam pelung yang merdu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here