Selain melayani masyarakat dengan kehadiran listrik di seluruh Indonesia, PLN juga menambahkan pelayanannya dengan kegiatan bisnis untuk masyarakat Indonesia, yakni paket internet murah. Ini adalah sebuah program dimana PLN menawarkan promo internet besar-besaran dengan biaya murah dan kapasitas unlimited.

Untuk bisa menikmati program ini, kamu perlu terdaftar sebagai pelanggan PLN dan daftar dalam program paketnya yang dinamakan Paket Internet ICON+. Apa maksudnya? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berapa tarifnya? Bagaimana cara mendaftarnya? Berikut akan kami paparkan semuanya dalam artikel yes24 kali ini.

Apa Itu Paket Internet ICON+?

Ini adalah sebuah program internet yang ditawarkan oleh perusahaan PT PLN persero dimana menawarkan fasilitas internet fiber. Tahun lalu, program ini banyak diskon hingga memberikan promo bebas biaya pemasangan. Tapi sayangnya, promo tersebut hanya berlaku hingga Oktober 2019 saja.

Saat ini Paket Internet ICON+ sudah dikenakan tarif normal dan harganya cukup bersaing dengan layanan penyedia internet lainnya. Selain itu, PLN juga mengatakan ingin melebarkan bisnisnya tidak hanya soal internet, tapi juga televisi berbayar yang nantinya akan dikombinasikan dengan paket listrik. Menarik, ya?

Kelebihan Paket Internet ICON+

Selain memberikan kemudahan pembayaran yang sekaligus untuk membayar listrik, PLN juga menambahkan kelebihan lain jika kamu memutuskan untuk menggunakan layanan ini. Lantas apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh PLN?

  1. Kapasitas unlimited dengan harga yang ramah di dompet. Lalu, pilihan beberapa program internetnya juga membuat pelanggan lebih leluasa dalam memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Ketersediaan network security yang memadai juga menjadi salah satu kelebihan dari internet PLN ini. PLN menjamin keamanan bagi setiap pelanggannya dalam melakukan browsing.
  3. Selalu mengontrol dan memonitori dengan menggunakan layanan IPN VPN ICON+ selama 24 jam non-stop.
  4. Kehadiran system end to end fiber optic sehingga diklaim punya media transmisi yang lebih baik. Bahkan, PLN juga mengklaim menggunakan serat optik terbaik sehingga kecepatan internetnya cukup memuaskan.
  5. Mengandalkan system serpo (Service Point) yang siap melayani pelanggan di setiap daerah.
  6. Mendukung fasilitas telepon, internet, dan televisi, atau yang lebih dikenal dengan triple play network.
  7. Pelayanan terbaik dengan selalu on 24 jam.
  8. Melakukan pembaharuan paket data lebih cepat dan mudah.
  9. Adanya fasilitas customer interface traffic monitoring untuk pelanggan.
  10. Untuk pelanggan baru, PLN juga memudahkan dalam pemasangan paket internet karena sudah menggunakan jalur listrik yang ada di wilayah masing-masing. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk bisa menikmati paket internet PLN.

Cara pemasangan dan daftar Paket Internet PLN ICON+

Kini sudah tahu kelebihan dari Paket Internet PLN, saatnya kamu menentukan apakah mau pasang atau tidak. Jika kamu memutuskan untuk memasang internet dari PLN, silakan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Salah satu syarat memasang internet dari PLN adalah meningkatkan daya listrik atau menambahkan daya listrik di rumah. Untuk meningkatkan daya ini beragam, mulai dari 450 volt ampere hingga 197 kilo volt ampere. Untuk menambah daya ini, silakan langsung kunjungi PLN di daerah masing-masing.
  2. Setelah menambah daya, silakan datangi kantor PLN terdekat dan katakan jika kamu ingin memasang layanan internet dari PLN. Kemudian, PLN akan meminta informasi data diri serta alamat tempat yang ingin dipasang internet.
  3. Lalu, PLN akan mengecek areanya, jika sudah bisa dijangkau oleh internet fiber PLN maka langkah berikutnya adalah mengisi formulir. Silakan isi formulir dengan benar. Pada tahap ini, PLN akan selalu memantau area yang akan dipasang internet.
  4. Setelah dilakukan pemantauan secara berkala dan dinyatakan memenuhi kriteria maka PLN akan langsung memasang internet di daerah kamu.
  5. Setelah terpasang, selanjutnya bisa langsung membayar internet sesuai dengan paket yang kamu pilih sebelumnya. Untuk membayarnya, bisa langsung kunjungi kantor PLN di daerahmu.
  6. Ada batas minimal berlangganan paket internet murah dari PLN, yakni 2 tahun. Pada satu tahun pertama akan dikenakan biaya promo (harga lebih murah). Sedangkan untuk tahun kedua akan dikenakan biaya normal, termasuk pajak PPN.
  7. Untuk keterangan dan informasi lebih lengkap, silakan langsung kunjungi website resminya di sini.

Harga paket internet PLN ICON+

PLN memberikan banyak pilihan paket internet dan harganya pun berbeda di setiap domisili. Tapi tenang saja, meski begitu harganya masih tetap terjangkau dan cocok untuk yang tetap produktif walau berada di rumah saja, khususnya untuk para pelajar. Berikut beberapa tarif layanan internet dari PLN

  • Paket Internet PLN Wilayah Jabodetabek

Untuk yang bertempat tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, PLN menyediakan empat pilihan layanan internet yang dibagi menjadi:

  1. Paket Stroomnet 5, paket ini punya harga promo Rp 89.000 dengan harga normal Rp 101.000. kapasitasnya berada di 5 mbps untuk download dan tidak ada batasan kuota alias unlimited.
  2. Paket Stroomnet 20, harganya lebih mahal dibandingkan paket stroomnet 5, yakni Rp 162.000 (harga promo) dan Rp 184.000 (harga normal). Namun kecepatannya lebih kencang, yakni 20 mbps dengan kapasitas kuota internet unlimited.
  3. Paket Stroomnet 50, sesuai dengan namanya di sini tersedia kecepatan 50 mbps dengan harga promo Rp 308.000. Namun, untuk harga normalnya cukup mahal, yakni Rp 350.000. Tapi, kamu bisa menikmati internet secara unlimited.
  4. Paket Stroomnet 100, ini adalah paket termahal dan tercepat. Kapasitasnya mencapai 100 mbps dengan harga Rp 552.000 (harga promo) dan Rp 627.000 (harga normal). Sama seperti ketiga paket sebelumnya, paket ini menawarkan kuota unlimited.
  • Paket Internet PLN Wilayah Jawa dan Bali

Selain wilayah Jabodetabek, PLN juga menyiapkan harga untuk paket internet yang bertempat tinggal di Jawa dan Bali. Berikut harga paketnya:

  1. Paket Stroomnet 5, harga promonya Rp 95.000 dan harga normalnya Rp 107.000. Paket ini menawarkan kecepatan 5 mbps dengan kuota unlimited.
  2. Paket Stroomnet 20, di paket ini tersedia kecepatan 20 mbps unlimited. Harganya cukup bersaing, Rp 185.000 (harga promo) dan Rp 210.000 (harga normal).
  3. Paket Stroomnet 50, di sini ada paket berkecepatan 50 mbps – unlimited. Harganya cukup mahal, yakni Rp 366.000 (promo) dan Rp 416.000 (normal).
  4. Paket Stroomnet 100, ini paket termahal di kategori Jawa dan Bali, tapi paketnya memberikan kecepatan 100 mbps. Harganya Rp 668.000 (promo) dan Rp 750.000 (normal). Tenang saja, kuota internetnya tidak terbatas.
  • Paket Internet PLN Wilayah Sumatera

Berbeda dengan wilayah Jawa dan Bali, kali ini PLN juga membuka paket internet untuk layanan di daerah Sumatera. Tapi range harganya lebih mahal jika dibandingkan wilayah-wilayah sebelumnya.

  1. Paket Stroomnet 5, di kecepatan 5 mbps, kamu bisa membayar Rp 109.000 (promo) dan Rp 123.000 (normal). Sama seperti paket lainnya, ini juga menyediakan kuota unlimited.
  2. Paket Stroomnet 20, per bulannya harus membayar Rp 214.000 untuk harga promo dan Rp 274.000 di harga normal. Ada kecepatan 20 mbps dengan kuota unlimited.
  3. Paket Stroomnet 50, di sini pelanggan membayar Rp 506.000 (promo) dan Rp 575.000 (normal) per bulannya. Paket ini memberikan kecepatan 50 mbps dengan kuota tak terbatas.
  4. Paket Stroomnet 100, sesuai dengan namanya ada kecepatan 100 mbps dengan harga Rp 947.000 untuk harga promo dan Rp 1.076.000 untuk harga normal.
  • Paket Internet PLN Wilayah Indonesia Timur

Satu wilayah lagi yang bisa dijangkau oleh PLN, yakni daerah yang berada di bagian Indonesia Timur. Sama seperti sebelumnya, ada empat pilihan paket dengan kecepatan dan tarif berbeda. Keempatnya adalah:

  1. Paket Stroomnet 5, harga promonya di kisaran Rp 118.000 dengan harga normal Rp 138.000. Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan kecepatan internet 5 mbps dengan kuota unlimited.
  2. Paket Stroomnet 20, yang ini bisa mendapatkan kecepatan hingga 20 mbps dengan harga promo RP 278.000 dan harga normalnya Rp 316.000.
  3. Paket Stroomnet 50, bagi yang ingin punya internet kencang bisa pilih paket kecepatan 50 mbps ini. Hanya saja harganya agak mahal, yakni Rp 599.000 (promo) dan Rp 680.000 (normal).
  4. Paket Stroomnet 100, ini adalah paket termahal yang ditawarkan oleh PLN tapi kamu bisa menikmatinya dengan kecepatan internet 100 mbps. Harga promonya Rp 1.133.000 sedangkan harga normalnya Rp 1.287.000.

Saat ini di Indonesia sudah banyak provider dan perusahaan yang menyediakan layanan internet murah dan kencang, salah satunya PLN. Selain kencang, ada banyak pilihan paket yang menjadi opsi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jadi, mana paket internet dari PLN yang ingin kamu gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here