Cara Aman Transfer Uang ke Luar Negeri

by admin_jack
Cara Aman Transfer Uang ke Luar Negeri

Transfer Uang ke Luar Negeri mungkin tidak  semua orang  mengetahuinya. Karena  pengiriman uang ke luar negeri  memang jarang dilakukan, kecuali  untuk anda yang  memiliki  keluarga atau rekan bisnis di luar  negeri.

Diera internet banyak hal yang dulu tidak mungkin, kini dapat  menjadi mungkin.  Tidak pernah  terpikirkan suatu saat harus mengirimkan  uang keluar negeri. Entah untuk  keperluan  bisnis atau sekadar  memenuhi  hobi memiliki  barang khusus yang hanya ada di luar negeri.

Teknologi makin canggih  memang  memudahkan bertransaksi.  Tetapi  sayangnya pihak-pihak  yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan  keadaan  ini  untuk  melakukan berbagai  kecurangan.

Anda perlu berhati-hati jika ingin  bertransaksi, apalagi  bertransaksi  luar negeri. Agar terhindar dari  penipuan ada baiknya, anda mengetahui  cara Transfer  Uang  ke Luar Negeri.

  • Transfer antar Bank

Pengiriman uang dengan cara  ini merupakan  cara paling aman. Uang yang dikirimkan akan langsung masuk rekening penerima.  Mata uang yang diterima langsung berupa mata uang pada negara yang dituju,  dengan  kurs yang  disesuaikan  pada saat pengiriman.

Anda harus mendatangi  bank tempat  akan mengirimkan uang dan mengisi beberapa data dalam formulir. Jangan sampai  salah  mengisi data, apalagi data nomor  rekening dan identitas  penerima.  Hal ini bisa membuat  proses  transfer  gagal.

Biaya pengiriman  harus anda tanyakan dan perhatikan. Jangan sampai jumlah kiriman anda berkurang  karena terpotong biaya pengiriman yang disesuaikan dengan  kurs mata uang saat itu. Untuk  sebuah transaksi  bisnis  kekurangan pembayaran sangat  penting dihindari.

  • Transfer Melalui Agen Pengiriman

Ini merupakan cara  yang  umum dilakukan untuk Transfer  Uang  ke Luar Negeri. Agen transfer keuangan bisa ditemukan di banyak kota. Anda perlu mencari agen keuangan terdekat, lalu mengisi formulir dan melengkapi  dengan data-data yang  diminta.

Anda juga harus  melampirkan foto kopi data diri pengirim yang masih berlaku, seperti ktp atau sim. Isi data dengan benar, termasuk  data penerima. Bayar biaya pengiriman yang dibebankan  kepada pengirim.

Anda jangan sampai lupa untuk  meminta  nota bukti pengiriman. Cara Transfer pada agen keuangan ini, salah satu cara yang  diminati. Biaya pengiriman  yang  tidak  terlalu  besar, serta penerima tidak harus memiliki rekening pada bank luar negeri.

  • Transfer Atm

Cara Transfer Uang melalui ATM memang sangat  mudah. Anda  tidak perlu datang langsung  ke bank. Tidak perlu  antri  berlama-lama. Tentu  saja tidak perlu  mengisi berbagai data dalam formulir.

Hanya saja anda perlu teliti dan berhati-hati.  Jangan  sampai salah  memasukan nomor data yang diminta mesin atm. Anda juga harus  mengetahui  kode SWIFT (Society for  worldwide  interbank finansial telecomucication). Kode ini selalu  digunakan untuk Transfer uang ke luar negeri.

SWIFT merupakan kode yang  terdiri  dari 8 – 11 karakter, yang berfungsi  sebagai  identitas bank yang melakukan  pengiriman dan penerimaan uang luar negeri. Kode ini bisa anda dapatkan pada bank tempat anda mengirimkan uang.

Penggunaan atm untuk  transfer uang memang mudah. Hanya jika anda menemukan kesulitan anda tidak bisa bertanya langsung pada pihak bank. Harus menunggu  esok hari, pada jam kerja bank tersebut.

Ke tiga cara Transfer Uang tersebut , merupakan cara aman yang sering digunakan untuk mengirimkan uang keluar negeri.  Masing-masing tentu  memiliki kekurangan dan kelebihan.  Paling penting untuk diingat, selalu menyimpan dengan baik bukti pengiriman anda.

Anda tidak perlu bingung lagi untuk bertransaksi keluar  negeri.  Era teknologi 4.0 saat ini benar-benar memudahkan  dalam segala bidang. Termasuk bidang keuangan. Transfer Uang ke Luar negeri kini tak sulit  lagi.

 

 

 

 

 

related articles