Asal Usul dan Cara Memasak Tutug Oncom Tasik

by Ali Jihad Taufiq
Tutug oncom Tasik - IGdapur_magal

YES24.CO.ID – Asal Usul dan Cara Memasak Tutug Oncom Tasik Salah satu jenis masakan khas Jawa Barat tepatnya yang berasal dari Tasikmalaya yang sangat terkenal dari dulu sampai sekarang adalah tutug oncom. Jenis masakan tradisional ini banyak sekali ditemukan di daerah Tasikmalaya dan Ciamis dengan cita rasa yang sangat ciamik sehingga tidak salah apabila para wisatawan banyak yang mencari panganan khas Sunda tersebut ketika mereka berwisata di beberapa wilayah yang ada di Tasikmalaya seperti berkunjung ke Pangandaran dan sebagainya.

Tutug oncom Tasik merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang tidak termakan oleh waktu dan sampai sekarang ini masih banyak ditemukan beberapa restoran atau tempat makan yang menyajikan sebutan nasi TO atau tutug oncom yang melegenda dan sudah ada sejak zaman dahulu dan masih berkembang sampai sekarang ini. Untuk pengertian tutug oncom adalah berasal dari tutug yang artinya menumbuh dan selanjutnya tutup oncom terbuat dari oncom yang dicampur aduk atau ditumbuk halus bersama nasi akan tetapi sebelum dicampur oncom terlebih dahulu biasanya digoreng atau dibakar supaya mempunyai rasa yang enak saat dimakan.

Asal-usul tutug oncom

Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila nasi tutug oncom atau sangu tutug oncom yang Biasa disingkat dengan nasi t.o adalah makanan yang terbuat dari nasi yang diaduk dan dicampur oncom goreng atau oncom bakar dan biasanya makanan ini disajikan dalam keadaan hangat dengan cita rasa yang sangat unik dan juga lezat.

Daerah yang banyak membuat tutug oncom adalah Tasikmalaya sehingga Tasik menjadi kota yang pertama kali memperkenalkan tutug oncom sampai terkenal ke seantero tanah air dan juga sampai ke luar negeri. Makanan khas tasikmalaya ini, sampai sekarang masih menjadi Primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke beberapa area wisata selain harganya terjangkau Akan tetapi rasa sangat enak dan juga bikin kenyang.

Cara memasak tutug oncom

Untuk anda semua yang saat ini ingin mencoba membuat tutug oncom khas tasikmalaya, maka silakan untuk mengikuti langkahnya berikut ini.

Bahan tutug oncom

Silakan kalian membeli beberapa bahan berikut ini dan pastikan bahan harus sesuai dengan apa yang kami tulis supaya hasilnya lebih maknyus.

  • 2 porsi nasi
  • 2 papan oncom
  • 2 ikat kemangi
  • Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 cabe merah keriting
  • 5 cabe rawit merah
  • 1 cm kencur
  • Setengah sendok teh terasi

Cara membuat tutug oncom

Apabila seluruh bahan sudah anda beli dan kumpulkan, maka di bawah ini adalah cara membuat tutug oncom yang sangat lezat khas tasikmalaya.

  1. Silakan hancurkan oncom lalu cuci bersih kemangi dan selanjutnya petiki kemangi dan siapkan seluruh bumbu halus.
  2. Selanjutnya haluskan bumbu halus memakai blender dan tumis hingga wangi selanjutnya masukkan oncom dan beri sedikit air
  3. Aduk sampai rata selanjutnya masukkan nasi lalu kembali di aduk sampai rata
  4. Masukkan daun kemangi lalu aduk sampai rata
  5. Tambahkan garam dan selanjutnya diaduk sampai rata lalu coba dicicipi terlebih dahulu dan apabila sudah mempunyai rasa enak maka silahkan matikan api
  6. Tuang ke piring saji lalu silakan sajikan dengan ditambahkan lauk sesuai selera anda.

Itulah pembahasan kami tentang asal-usul cara memasak tutug oncom Tasik yang sangat melegenda dan banyak ditemukan di area Tasikmalaya Jawa Barat. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda semua para pecinta kuliner tradisional Indonesia.

related articles