Asal Usul dan Cara Memasak Tahu Gejrot Khas Cirebon

by Ali Jihad Taufiq
tahu gejrot khas Cirebon-IGkedai_takeone_

YES24.CO.ID – Asal Usul dan Cara Memasak Tahu Gejrot Khas CirebonĀ  Salah satu makanan khas yang berasal dari Jawa Barat tepatnya berasal dari Cirebon yang terbuat dari bahan sederhana akan tetapi mempunyai cita rasa unik dan melegenda yaitu tahu gejrot. Tahu gejrot sendiri berasal dari cirebon yang memang dari dulu sampai sekarang menjadi Legend dari Kota Cirebon sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Cirebon, maka biasanya mereka akan mencari kuliner tahu gejrot dikarenakan belum lengkap ketika berwisata ke kota Cirebon apabila tidak menyantap tahu gejrot tersebut yang terbuat dari bahan dasar tahu goreng akan tetapi mempunyai keunggulan dengan tekstur yang berisi.

Tahu gejrot khas Cirebon memang dari dulu sampai sekarang sangat melegenda dan mempunyai cita rasa yang tetap sama dan tidak berubah walaupun di era modern seperti sekarang ini, apalagi tahu gejrot mempunyai history dan asal-usul yang sangat unik Jika dilihat. Seperti dikutip dari Wikipedia apabila tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari tahu dan bumbu lain dimana tahu gejrot pertama kali sempat dibuat oleh keluarga Kerajaan Cirebon dan selanjutnya langsung rakyat sehingga sangat disukai oleh seluruh kalangan dan seluruh gender.

Untuk membuat tahu gejrot sendiri tidak begitu susah dan tidak begitu sulit dikarenakan tahu gejrot bisa dibuat oleh siapapun dan apabila kalian ingin membelinya maka bisa datang ke kota Cirebon dikarenakan di beberapa wilayah yang ada di Cirebon, anda akan sangat mudah menemukan tahu gejrot dari beberapa pedagang yang menjual nya baik pedagang yang mempunyai tokoh ataupun pedagang keliling tahu gejrot.

Cara membuat tahu gejrot

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat tahu gejrot khas Cirebon yang sangat enak dan pastinya bikin kalian ingin terus membuatnya.

Bahan tahu gejrot

Ada beberapa bahan yang harus kalian Kumpulkan dan beli untuk membuat tahu gejrot diantaranya adalah sebagai berikut.

  • 10 buah tahu kopong atau tahu Sumedang
  • 10 buah bawang merah
  • 1 buah bawang putih
  • 12 buah cabe rawit hijau
  • Dua keping gula merah
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat tahu gejrot

Setelah seluruh bahan di atas anda kumpulkan, maka selanjutnya adalah cara dalam pembuatan tahu gejrot di antaranya sebagai berikut.

  1. Silakan goreng tahu sampai kulit luar/atau kriuk
  2. Selanjutnya tahu dipotong menjadi 4 bagian
  3. Siapkan ulekan selanjutnya ulek bawang putih dan cabe terlebih dahulu dan ulek kasar dengan sedikit Garam yang dimasukkan
  4. Masukkan gula merah lalu ulek satu-persatu sampai halus dan tercampur rata
  5. Lalu tambahkan sedikit air dan silakan test rasa terlebih dahulu
  6. Siapkan cobek kayu lalu Tata tahu di atasnya dan selanjutnya siram dengan bumbu yang diulek tadi
  7. Tahu gejrot khas Cirebon sudah bisa disajikan dan dikonsumsi.

Itulah pembahasan kami tentang bagaimana cara membuat tahu gejrot dan asal usul tahu gejrot khas Cirebon yang sangat melegenda dan banyak disukai oleh para wisatawan. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda semua dan selamat mencoba.

related articles