5 Gorengan Enak Khas Jawa Barat Yang Melegenda

by Ali Jihad Taufiq
Cireng - IGcirengcrispi

YES24.CO.ID – 5 Gorengan Enak Khas Jawa Barat Yang Melegenda Seperti diketahui apabila di berbagai wilayah di Indonesia, pastinya akan mempunyai jajanan, gorengan, dan makanan khas yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut termasuk salah satunya di beberapa wilayah yang ada di Jawa Barat. Jawa Barat yang dikenal dengan Bandung dan suku Sunda, ternyata mempunyai daya pikat tersendiri bukan hanya dari masalah pariwisata saja akan tetapi untuk wisata kuliner, jawa Barat memang tiada tandingnya dan tidak kalah dengan berbagai wilayah yang ada di Indonesia termasuk mulai dari jajanan beras yang mempunyai cita rasa pedas dan enak sampai gorengan yang melegenda dan hanya bisa kalian temukan di Jawa Barat.

Bagi kalian semua para pencinta makanan jenis gorengan, maka di Jawa Barat akan banyak ditemukan berbagai macam gorengan baik tempo dulu sampai kekinian namun pastinya ada 5 gorengan enak khas Jawa Barat yang melegenda dan sampai sekarang masih menjadi gorengan terfavorit yang sangat enak dan banyak disukai oleh masyarakat di Jawa Barat dan luar daerah. Pasalnya keunikan dari gorengan tersebut sedikit berbeda dengan gorengan yang ada di daerah lain, sehingga jajanan ini sangat disukai semua golongan dan semua genre usia.

Jawa Barat memang tidak akan lepas dari wisata dan juga kuliner termasuk salah satunya makanan gorengan yang sangat melekat di Jawa Barat, sehingga ketika anda semua mendengar gorengan ini, maka akan tertuju pada Jawa Barat atau suku Sunda.

5 Gorengan Enak Khas Jawa Barat Yang Melegenda

Bagi kalian semua yang penasaran terkait gorengan enak khas Jawa Barat yang sangat melegenda dari dulu sampai sekarang menjadi gorengan terfavorit dengan cita rasa yang sangat khas, maka bisa membacanya melalui artikel kami di bawah ini.

Cireng

Cireng - IGcirengcrispi

Cireng – IGcirengcrispi

Cireng dalam bahasa Sunda Aci digoreng menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat disukai oleh banyak orang sehingga tidak salah apabila kalian akan banyak menemukan pedagang cireng ketika berkunjung di beberapa daerah yang ada di Jawa Barat, padahal cireng ini sebetulnya merupakan cemilan yang biasa dijual baik di emperan jalan oleh para pedagang kaki lima ataupun sampai masuk ke restoran dengan harga yang sangat murah dan terjangkau.

Pembuatan cireng sendiri terbilang sangat gampang dan bahannya mudah ditemukan di antaranya adalah tepung tapioka, bawang putih, tepung terigu, garam, dan merica bubuk. Seiring perkembangan zaman, cireng bukan hanya disantap tanpa toping akan tetapi sekarang ini, kalian bisa menyantap cireng dengan berbagai jenis topping diantaranya sambal, cireng keju, cireng sosis, sampai cireng barbeque.

Combro

Combro-IGlauraprabowo

Combro-IGlauraprabowo

Combro atau misro merupakan dua jenis makanan yang berbeda dimana untuk combro dalam bahasa Sunda artinya oncom di Jero dan selanjutnya misro amis di Jero menjadi 2 jenis makanan yang sangat lezat dan sangat terkenal di Jawa Barat, untuk combro yang mempunyai ciri khas dari bahan singkong yang diparut dan selanjutnya dibuat menonjol dan setelah itu didalamnya diberi isian oncom mempunyai cita rasa asin dan selanjutnya untuk misro biasanya dengan bahan yang sama yaitu berbahan dasar singkong akan tetapi di dalamnya berisi gula merah sehingga rasanya manis dan enak.

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang-IGgercep.bandung

Tahu Sumedang-IGgercep.bandung

Tahu yang sangat khas dan terkenal sampai ke seantero Indonesia adalah tahu Sumedang, di mana tahu ini menjadi tahu khas jawa barat terutama Kabupaten Sumedang dikarenakan tahu ini berbeda dengan tahu pada umumnya, yaitu mempunyai tekstur yang lebih kriuk dikarenakan di dalamnya bolong atau tidak berisi akan tetapi mempunyai rasa yang super enak, sehingga tahu Sumedang menjadi salah satu jenis makanan yang wajib menjadi oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Sumedang.

Jalakotek

Jalakotek-IGfilipusverdi

Jalakotek-IGfilipusverdi

Majalengka adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yang terkenal dengan makanan khas jalangkote dimana jalangkote adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka dan selanjutnya didalamnya berisi beberapa apa sayuran dengan rasa yang unik dan khas jalakotek.

Kebanyakan isian dari jalakotek sendiri adalah diisi dengan tahu dikarenakan jalakotek berbahan dasar Aci atau tepung kanji maka terkadang bagi yang baru pertama kali mencicipinya akan terasa seperti memakan cireng namun keduanya adalah makanan yang berbeda satu dengan lainnya.

Gonjing

Gonjing-igmelatiramadhana

Gonjing-igmelatiramadhana

Bagi kalian semua yang sangat suka dengan kue gonjing maka jenis makanan yang menjadi ciri khas Kabupaten Karawang tersebut menjadi makanan yang sangat terkenal, walaupun kue gonjing tidak digoreng akan tetapi tetap menggunakan tipe memasak dengan cara cara dimasukkan ke dalam cetakan khusus dan selanjutnya diberikan minyak, sehingga tetap saja seperti digoreng dan kue gonjing, menjadi salah satu makanan yang melegenda sampai sekarang ini di Jawa Barat dengan cita rasa yang enak.

Itulah pembahasan kami tentang lima gorengan khas Jawa Barat yang melegenda akan tetapi tetap disukai sampai era milenial seperti sekarang ini. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda semua para pecinta kuliner di tanah air.

related articles