Yespoint Skip Navigation Links

Yuk! Intip 7 Makanan Musim Panas di Korea Selatan Yang Wajib Kamu Coba



Yuk! Intip 7 Makanan Musim Panas di Korea Selatan Yang Wajib Kamu Coba



Menikmati berbagai kuliner, khususnya makanan dingin seperti ice cream memang dapat menjadi moodbooster, apalagi jika dinikmati pada saat musim panas. Namun, tahukah kamu jika di Korea Selatan terdapat berbagai menu makanan musim panas yang menyehatkan tubuh? Yuk intip makanan musim panas di Korea Selatan yang wajib kamu coba!


1. Samgyetang



Hari-hari terpanas di Korea dimulai dari awal Juli hingga pertengahan Agustus. Periode ini disebut dengan “sambok deowi” atau “panasnya sambok”. Sambok sendiri mengacu pada hari-hari terpanas di Korea menurut kalender lunar, yang kemudian dibagi menjadi chobok sebagai periode awal,  jungbok sebagai periode pertengahan  dan malbok sebagai periode akhir.


Banyak orang Korea mengkonsumsi makanan panas yang mengandung banyak nutrisi selama periode ini berdasarkan ide dari "yi yeol chi yeol" (melawan api dengan api).

Samgyetang atau sup ayam ginseng dikemas dengan bahan-bahan bergizi, makanan ini dikenal luas karena sifatnya yang dapat memulihkan. Hidangan ini disiapkan dengan mengambil ayam muda dan mengisinya dengan nasi, jujube, bawang putih, jahe, ginseng, dan bumbu lainnya. Bahan-bahan tersebut kemudian direbus bersamaan dan disajikan dengan kaldu yang lezat.


2. Jjimdak



Jjimdak adalah campuran ayam, cabai, jamur, wortel, dan sayuran lainnya bersama dengan mie kaca yang disajikan dalam kaldu yang gurih, manis dan pedas, atau tergantung dari kaldu. Jjimdak terkenal dengan kepedasannya, sehingga sering dipasangkan dengan dongchimi (kimchi lobak air), yang membantu menetralisir beberapa bumbu.


Jika kamu berada di restoran yang juga menjual scorched rice, cobalah untuk memasukannya kedalam daftar pesanan dan kamu dapat menikmati tekstur renyah dengan saus jjimdak yang tersisa.


3. Naengmyeon



Naengmyeon atau biasa dikenal dengan mie soba, hidangan satu ini mungkin menjadi salah satu makanan musim panas yang paling dicintai di Korea. Anehnya, naengmyeon pertama kali muncul sebagai hidangan musiman yang hanya dimakan selama musim dingin di Korea Utara.


Sekarang, mie gaya Korea Utara, Pyeongyang naengmyeon dan Hamheung naengmyeon, sudah terkenal di seluruh negeri dan dapat ditemukan di hampir semua lingkungan.


Perbedaan terbesar antara Pyeongyang naengmyeon (mul naengmyeon) dan Hamheung naengmyeon (bibim naengmyeon) adalah cara penyajiannya. Pyeongyang naengmyeon disajikan dalam kaldu dingin, sementara Hamheung naengmyeon dilengkapi dengan saus pedas merah pedas. Hidangan Naengmyeon biasanya dihiasi dengan irisan daging sapi, telur rebus, mentimun, dan pir.


4. Naeng Kongguksu



Hidangan lain yang direkomendasikan untuk mereka yang mungkin kehilangan nafsu makan karena panas adalah naeng kongguksu , mie dalam sup kedelai dingin. Sup dibuat dengan merendam kedelai yang dimasak dalam air dingin dan kemudian menggilingnya dengan batu giling.


Kemudian mie ditambahkan dengan irisan mentimun, telur rebus, dan tomat. Untuk rasa, kamu bisa menambahkan gula atau garam. Makanan ini mengandung banyak protein, sehingga hidangan gurih ini sangat menyegarkan pada hari yang panas dan lembab.


5. Chogye Guksu



Chogye guksu adalah hidangan mie dingin yang dibuat dari kaldu ayam yang didinginkan kemudian dicampur dengan cuka dan mustard, sebelum menambahkan mie dan topping ayam yang diparut tipis. Chogye Gusksu sendiri berasal dari kata-kata Korea untuk cuka dan ayam ("cho" dan "gye").


Hidangan ini pernah menjadi hidangan musim dingin istimewa yang dinikmati di Hamgyeong-do dan Pyeongan-do Korea Utara. Saat ini, hidangan ini merupakan sajian musim panas yang populer dan dinikmati oleh orang-orang di seluruh negara. Terbuat dari ayam tanpa lemak, tanaman obat, mie, dan sayuran segar, chogye guksu menawarkan rasa yang sederhana namun kuat dan aroma yang khas.


6. Memil Guksu



Makanan populer lainnya di Korea adalah memil guksu (mie soba), yang disajikan dingin seperti makguksu atau panas sebagai jangguksu. Di musim panas, sajian mie soba yang paling populer adalah memil guksu, di mana mie ditempatkan dalam kimchi yang diberi mentimun, kimchi, sayuran, daging, dan cabai merah.


Hidangan favorit lainnya adalah memil soba, di mana mie disajikan dalam kaldu berbasis kedelai yang dibumbui dengan lobak tanah, daun bawang, dan lobak pedas.

Banyak orang mungkin akrab dengan Soba, yaitu bahasa Jepang untuk menyebutkan mie Soba, tetapi ada sedikit perbedaan dalam cara Memil Guksu dan Soba dibuat dan dikonsumsi. Kaldu untuk Memil Guksu dibuat dari ikan teri kering, sedangkan kaldu untuk soba Jepang dibuat dengan serpih bonito kering.


7. Bingsu



Di Korea, salah satu makanan penutup musim panas yang paling populer tidak lain adalah Bingsu. Bingsu adalah makanan penutup yang terbuat dari es serut yang biasanya diberi kacang merah, buah-buahan, potongan kue beras, susu manis, es krim, dan sirup buah.


Sementara bingsu pat asli (es serut dengan kacang merah manis) masih dinikmati, beragam bingsu seperti bingsu buah, mangga bingsu, bingsu teh hijau, dan bingsu kopi menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Di musim panas, Korea menjadi surga bagi pecinta bingsu karena kebanyakan kafe, roti, dan restoran cepat saji menjual berbagai bingsu!


Bagaimana Dreamers, tertarik untuk mencoba makanan musim panas ala Korea Selatan ini?



Source: Dreamers.id

facebook twitter plus Danh mục
Tulis komentarinformasi poin
1
Tentang Kami | Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi | Spam | Kontak Kami | Lokasi
Twitter TOP
Beauty in Stock
  • My Page
  • YES Point

  • YES Money

Recently
Viewed
Items
()
UP
DOWN
TOP
  • 1
  • 2
  • 3