Yespoint Skip Navigation Links

10 PERMEN KHAS TRADITIONAL BERBAGAI NEGARA

 

Teman-teman pasti kenal yang namanya permen, dari zaman kita baru mulai belajar berjalan kita sudah senang dengan permen dan selalu merengek minta dibelikan oleh ibu atau ayah. Ternyata, permen sudah dikenal sejak zaman purbakala, dan tiap-tiap negara mempunyai permen khas yang diolah secara tradisional. Kali ini Channel Yes akan membahas beberapa negara dengan permen terunik  ^_^

 

Tang Hu Lu (CHINA)


Tang Hu Lu atau bisa juga disebut Bing Tang Hu Lu, merupakan permen khas tradisional Beijing, China. Permen ini sudah sangat kuno dan memiliki nilai sejarah, terbuat dari buah segar dan kadang-kadang menggunakan buah liar seperti hawthron. Buah-buah itu ditusuk dan disusun pada sebatang kayu lalu dilapisi gula-gula. Di zaman modern ini, permen ini tidak hanya dilapisi gula-gula saja, bisa juga dilapisi coklat maupun biji wijen.


 

 

 

NOUGAT (PERANCIS)
Saat singgah di perancis jangan lupa ya mencicipi permen traditional bernama Nougat ini. Permen yummy ini diolah menggunakan gula atau madu, kacang pistachio, almond, hazelnut plus buah buahan kering lainnya. Tekstur nougat berbeda-beda, ada yang lunak ada yang keras tergantung bahan yang dipakai. Tidak hanya tekstur, warnanya pun bisa berbeda. Nougat putih terbuat dari putih telur, sedangkan nougat cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih kriuk-kriuk saat dikunyah.


 

 

 

TURKISH DELIGHT (TURKI)
Masih ingat film The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe yang ngetop itu? di film itu ada adegan dimana Edmund berterus terang kepada White Witch bahwa permen kesukaannya adalah Turkish Delight!! kembang gula yang nama aslinya Lokum atau Cyprus Delight ini emang pantas menjadi kesukaan banyak orang. Teksturnya yang lembut dan lengket mirip jeli ditambah potongan kecil kacang-kacangan seperti walnut, almond atau kenari serta taburan gula halus di sekelilingnya, membuat rasa permen ini Legiiiiiiit banget. Permen yang sudah diproduksi sejak abad ke-15 ini berasal dari negara Turki. Namun berkat kelezatannya, Turkish Delight bisa terkenal ke seluruh eropa dan dunia bahkan di inggris, permen ini dapat julukan Hanhish Candy karena dapat membuat orang ketagihan memakannya.

 

 

 

 

GUMMY BEAR (JERMAN)
Permen ini adalah cikal bakal berbagai bentuk permen ‘gelatin lengket’ yang digemari di banyak negara! permen empuk ini diciptakan oleh Hans Riegel dari kota Bonn di Jerman pada tahun 1922. Si mungil berwarna warni ini aslinya bernama Gummibar atau Gummibarchen yang dalam bahasa inggris menjadi Gummy Bear. Ketenaran permen ini mencapai negara Amerika Serikat. Di sana Gummy Bear mempunyai 5 rasa khas. yaitu rapsberry (warna merah), jeruk (warna orange), stroberi (warna hijau), nanas dan lemon (warna kuning).

 

 

 

 

AME (JEPANG)
Permen ini asalnya dari Kyoto, Jepang. Permen-permen tradisional jepang sangat terkenal indah dan penuh warna dan dibungkus dengan tempat yang cantik pula. Permen-permen ini terbuat dari gula murni dengan rasa asli gula, tapi ada juga beberapa yang memiliki rasa buah yang segar. Kyoto memang terkenal dengan kerajinan tangan yang indah baik dalam hal makanan maupun hal lainnya. Tapi tiap daerah lainnya pun mempunyai permen khas mereka sendiri seperti dari tokyo maupun osaka.

 

 

 

 

BRIGADEIRO (BRAZIL)
Konon pesta ulang tahun anak-anak di Brazil tak akan semarak bila nggak tersedia permen yang terbuat dari susu dan bubuk cocoa ini. Nama Brigadeiro sendiri diambil dari seorang nama jenderal di angkatan udara brazil pada tahun 1940-an, Brigadier Eduardo Gomez. jadi ceritanya, ketika permen ini pertama kali diciptakan, Brigadir Eduardo Gomez sangat terkenal karena berhasil membasmi pemberontak. Makanya permen ini diberi nama sesuai sang jenderal untuk menghormati jasanya. Rasanya yang enak dan bentuknya yang menarik membuat permen ini sering menjadi hiasan pada kue dan eskrim.


 

 

 

CANADIAN MAPLE CANDY (KANADA)
Permen maple Kanada terbuat dari sirup maple Kanada, dibuat secara tradisional di dapur-dapur Kanada dan sudah merupakan budaya bagi mereka. Kanada memproduksi lebih dari 85% sirup maple dunia yang dikirim ke lebih dari 45 negara. Permen maple Kanada mempunyai bermacam-macam istilah seperti “Mapple Taffy” atau “Sugar on Snow”. Sirup maple direbus sampai kental dan tebal, kemudian dituangkan pada salju bersih.


 

 

 

 

BBOPKI (KOREA)
Sebuah permen tradisional Korea yang terbuat dari gula yang dikaramelkan dan sejumput baking soda. Bbopki biasanya dibentuk menjadi disk bulat atau dicetak ke tongkat seperti lolipop.

 

Anda dapat menemukan Bbopki di jalan-jalan di kota Korea. Bahan-bahan yang sederhana dan tidak memerlukan kios untuk berjualan, seringkali anda menemukan penjual-penjual Bbopki hanya duduk di belakang sepiring panas Bbopki di atas meja.


 

 

 

CALAVERAS DE AZUCAR (MEXICO)
Permen Mexico memiliki kombinasi rasa yang unik. Manisnya gula dan panasnya cabai sering dikombinasikan untuk menghasilkan rasa yang berbeda dari yang lainnya, kita juga dapat menemukan permen-permen Mexico yang mungkin lebih kita anggap sebagai cemilan asin daripada permen, misalkan permen rasa jagung (sering berbentuk jagung) .


Meskipun menggunakan kombinasi yang aneh, tapi terima kasih pada mereka, permen tradisional Meksiko telah menjadi produk ekspor yang penting dan menjadi permintaan internasional untuk suatu peningkatan rasa.
Permen Meksiko yang paling dicari, dibuat untuk perayaan keagamaan khusus. "Calaveras de Azucar" adalah tengkorak kecil yang terbuat dari gula, dihiasi dengan cemerlang, warna meriah. Mereka ditempatkan di kuburan orang-orang mati itu pada Dia de los Muertos (hari orang mati), untuk memperingati hidup mereka. Dekorasi begitu besar sehingga banyak orang menganggap mereka karya seni, bukan permen.


Setiap hari libur Meksiko memiliki permen sendiri. Memasuki toko permen Meksiko hampir seperti memasuki dunia baru yang menyenangkan, untuk dekorasi membuat setiap toko permen unik.

 

 

PERMEN JAHE (INDONESIA)
Terakhir, dari negara kita tercinta. Sepanjang pencarian berita, ada 2 jenis permen yang terkenal dari Indonesia yaitu permen jahe yang terkenal sampai mancanegara dan permen gulali yang mulai terlupakan. Mari kita bernostalgia sedikit ^_^

Permen jahe memang merupakan permen yang tergolong kuno. Berbicara permen ini bukan hanya berbicara puluhan tahun lalu, tetapi ratusan tahun. Setidaknya permen ini sudah tercatat di dalam buku Island of Java karya John Joseph Stockdale, pelancong berkebangsaan Inggris, yang menyebutkan, pada tahun 1778 Belanda mengirim sebanyak 10.000 pon (atau sekitar 5.000 kilogram) produk yang disebut Candied Ginger dari Batavia ke Eropa. Makanan ini digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung atau dalam istilah ilmiah disebut Flatulensi.
Permen ini juga Cocok sekali untuk menghangatkan badan dan menyegarkan tenggorokan. Apalagi saat udara dingin. Asli permen ini asalnya dari Indonesia. Negara yang terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.

 

Selain Permen jahe yang terkenal, Indonesia masih memiliki permen tradisional lainnya yang terkenal di kalangan anak-anak. Namanya Gulali, dibuat dari gula pasir murni dan pewarna alami yang kemudian dililitkan di sebatang lidi. Dibentuk macam-macam sesuai keterampilan yang membuat.

 

(vivi)

facebook twitter plus Danh mục
Tulis komentarinformasi poin
Indri220687
Pengen Makan Semua Permennya......... Kira-kira Belinya Dimana ya
18:25:16, 24/01/2013
Indri220687
Pengen Makan Semua Permennya......... Kira-kira Belinya Dimana ya
18:23:04, 24/01/2013
inankmafia
boleh makan permen tapi jaga kadar gula karena zat gula mempunyai efek negatif dan positif.
17:59:09, 10/01/2013
tiffanichan
pengen nyoba semuanyaaaaaa *ngiler*
05:25:23, 10/01/2013
nitamiryati
permen adalah makanan sehari-hari yang sering kita jumpai diberbagai tempat. permen banyak macam ya..seperti yang kita lihat pada gambar. permennya sangat unik. apalagi warnanya jadi pingin makan permen itu. hmmm...pasti rasanya nikmat.
20:34:51, 09/01/2013
105501141197
Woaaahh....permennya lucu-lucu dan unik pastinya.
Yang paling menarik mata itu Gummy Bear (Jerman), jadi pengen nyiba. Rasanya kayak yuppi ngga yaa? hehehe :p
Yang paling menggugah selera itu Nougat (Perancis). Bikin ngiler--
Yang paling bikin penasaran itu Turkish Delight (Turki). Pengen tau gimana rasanya. Apa bener bikin ketagihan?
Yang paling Ame (Jepang) karena warna-warni dan banyak bentuknya.
Dan yang paling enak itu Gulali karena cuman pernah makan itu selain permen jahe :p Permen jahe enak sih. Tapi, kalau banyak-banyak jadi bosen :p Oh ya, di Indonesia kan ada permen asem, permen kayu putih. Itu bukan permen tradisional kah?

Hmm, overall, permen-permen itu bener-bener pengen aku coba. Ahh, jadi pengen beli gulali ><
18:31:16, 08/12/2012
hyeon091091
wah....baca artikel ini membuat ngiler...
Aku sangat suka dengan permen...>_<
Dan dari semua permen di atas aku penasaran banget sama (TURKI)Turkish Delight,Ama (Jepang), Calaveras De Azucar (Mexico) warna serta bentuk dari permen-permen ini lucu dan unik,khusus untuk permen Bpoki dari korea permen ini paling unik.karena bentuknya sama sekali tidak mirip permen.Suatu saat aku pasti akn mencoba semua permen-permen ini....^_^
16:17:27, 12/11/2012
hyeon091091
wah....baca artikel ini membuat ngiler...
Aku sangat suka dengan permen...>_<
Dan dari semua permen di atas aku penasaran banget sama (TURKI)Turkish Delight,Ama (Jepang), Calaveras De Azucar (Mexico) warna serta bentuk dari permen-permen ini lucu dan unik,khusus untuk permen Bpoki dari korea permen ini paling unik.karena bentuknya sama sekali tidak mirip permen.Suatu saat aku pasti akn mencoba semua permen-permen ini....^_^
16:17:21, 12/11/2012
hyeon091091
wah....baca artikel ini membuat ngiler...
Aku sangat suka dengan permen...>_<
Dan dari semua permen di atas aku penasaran banget sama (TURKI)Turkish Delight,Ama (Jepang), Calaveras De Azucar (Mexico) warna serta bentuk dari permen-permen ini lucu dan unik,khusus untuk permen Bpoki dari korea permen ini paling unik.karena bentuknya sama sekali tidak mirip permen.Suatu saat aku pasti akn mencoba semua permen-permen ini....^_^
16:17:15, 12/11/2012
hyeon091091
wah....baca artikel ini membuat ngiler...
Aku sangat suka dengan permen...>_<
Dan dari semua permen di atas aku penasaran banget sama (TURKI)Turkish Delight,Ama (Jepang), Calaveras De Azucar (Mexico) warna serta bentuk dari permen-permen ini lucu dan unik,khusus untuk permen Bpoki dari korea permen ini paling unik.karena bentuknya sama sekali tidak mirip permen.Suatu saat aku pasti akn mencoba semua permen-permen ini....^_^
16:17:10, 12/11/2012
123456...7
Tentang Kami | Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi | Spam | Kontak Kami | Lokasi
Twitter TOP
Beauty in Stock
  • Trangchu
  • YES Point
  • YES Money
Recently
Viewed
Items()
UP
DOWN
TOP
  • 1
  • 2
  • 3