Yespoint Skip Navigation Links

  12 Pakaian Tradisional Negara-Negara

 

Pakaian sudah dikenal manusia sejak zaman purbakala, dan selalu berkembang sesui dengan zamannya terutama baju wanita yang memiliki banyak variasi model dan telah menjadi ciri khas suatu negara. Bangsa yang satu mengenal bangsa yang lainnya melalui pakaian tradisisonal mereka. Hingga kini pakaian tradisonal masih digemari terutama pada acara-acara khusus. Berikut pakaian tradisonal terutama baju wanita yang sangat menarik dan memiliki nilai budaya yang tinggi.

 

 

01. Indonesia
Tentu kita tahu baju tradisional bangsa kita, bangga akan “Kebaya” karena baju wanita ini selalu menawan dan lagi selalu ada variasi-variasi baru yang semakin memperkaya kebaya. Kebaya merupakan pakaian tradisional Indonesia yang berasal dari budaya melayu (Asia Tenggara). Banyak pakaian tradisional di Asia Tenggara yang menyerupai kebaya seperti di negara Malaysia, Brunei,Singapura. Di zaman modern ini variasi kebaya sangat beragam dan semakin glamour, biasanya kebaya digunakan untuk menghadiri acara-acara formal.

 

 

 

 

02. Korea
Demam korea yang melanda membuat kita menjadi familiar dengan “Hanbok”.  ‘Han’ berarti Negara Kita dan ‘bok’ berarti pakaian. Hanbok biasanya berwarna cerah dan tidak memiliki saku. (Korea Utara menyebut Choson-ot). Hanbok terbagi atas baju bagian atas (Jeogori), celana panjang untuk laki-laki (baji) dan rok wanita (Chima). Di era modern ini Hanbok untuk wanita berkembang berbagai macam variasi, terutama bagian roknya (Chima)


  

 

 

03. Jepang
Baju wanita tradisonal Jepang disebut “Kimono” Selain kimono, Jepang juga memiliki “yukata” yang mirip seperti kimono tapi lebih simple. Selain itu ada juga “hakama” yang berbentuk celana yang merupakan busana resmi pria untuk menghadiri acara formal  dan juga ada ” hakama” untuk wanita untuk acara-acara non formal.

 

 

 

 

 

04. Jerman
Pada Negara ini pakaian tradisional untuk baju wanita di sebut “Dirndl” dan untuk pria “Lederhosen”. Pakaian tradisonal ini dikenakan terutama di Bavaria, Liechtenstein, Austria dan South Tyrol. Awalnya dirndl itu sebenarnya adalah seragam para pelayan Austria. Setiap desa memiliki gaya sendiri khusus nya dari gaun ini. Harga Dirndl mencapai ratusan euro, namun begitu bila tertarik kita dapat membelinya dari Fl”hmarkt alias pasar barang bekas yang diselenggarakan musiman, atau Ebay di internet. Untuk prinya, Lederhosen berarti celana kulit di Jerman. Ini adalah celana lutut dan dipakai oleh orang-orang Jerman dari daerah Alpine dan sekitarnya.


 

 

 

 

 

 

05. Belanda
Negara yang terkenal dengan bunga tulip yang indah ini memiliki baju tradisional yang dinamakan “Klederdracht”. Ciri khas yang lebih spesifik dari Klederdacht adalah topi yang njekither.


 

 

 

 

 

06. Skotlandia-Inggris
Mungkin kita sudah sedikit familiar dengan kostum tradisional ini, kostum yang disebut “Kilt” ini sering dipakai oleh para pangeran Inggris, terutama pangeran Charles. Para wanita juga menggunakan motif ini yang biasanya berpasangan dengan yang pria. Pakaian ini melambangkan luasnya kebudayaan Skotlandia.


 

 

 

 

07. Norwegia
“Bunad” adalah kostum tradisional Norwegia yang dikenakan oleh pria dan wanita. Secara tradisional, bunad menggambarkan rumah keluarga dan asal daerah seseorang tetapi sekarang hal itu kurang berlaku lagi.Pada musim pernikahan (mei-juni) kita akan sering melihat orang Norwegia mengenakan bunad karena bunad dipakai pada acara-perayaan dan acara khusus.


 

 

 

08. Uganda
Negara eksotis ini memiliki “Gomesi” sebagai pakaian tradisonalnya, Gomesi popular sebagai baju tradisional Uganda mulai dari tahun 1940 yang diadaptasi dari baju seragam sekolah Uganda ketika itu. Ciri khas Gomesi terdapat pada bagian lengannya yang menggelembung, gaun panjang sampai semata kaki yang diikat longgar dengan selendang di bagian pinggang.

 

 

 

 

 

09. Kenya
Kenya memilki “Khanga” yang biasanya dipakai para wanita disana dengan penutup kepala seperti jilbab yang dibiarkan menjuntai. Di zaman modern ini, Kain Khanga bukan hanya digunakan untuk menutup kepala saja, bisa dikreasikan menjadi rok, baju, ataupun selendang.


 

 

 

 

 

10. India
Untuk pakaian tradional Negara ini pasti kita sudah sangat hafal. Hingga kini pakaian “saree” ini masih sering dikenakan. Sari merupakan kain yang lebar dengan ukuran sekitar 20 m dan lebar 5-6 meter. Cara mengenakan sari sangat bervariasi, dan dikenakan berdasarkan wilayah, kasta, kegiatan, agama, dll.

 

 

 

 

11. China
“Cheongsam” atau dikenal juga dengan nama “Qipao”  baju dengan potongan panjang dengan leher tinggi, berlengan pendek, kancing shanghai di kiri atau kanan bawah pundak. Cheongsam popular digunakan sejak zaman dinasti Qing, hanya saja “Qipao” zaman itu tidak menonjolkan pada bentuk tubuh dan dipakai berlapis-lapis. Model pakaian cheongsam yang kita kenal sekarang ini masuk dari Shanghai ke Hongkong dan dikenal luas sampai ke mancanegara, sangat praktis dipakai dan menonjolkan keindahan bentuk tubuh wanita.


 

 

 

 

 

12. Persia
“Kaftan” merupakan baju atau jubah yang panjang dengan lengan yang panjang dan lebar, biasanya menggunakan bahan yang ringan dan terkesan melayang seperti sutra. Kini kaftan banyak dimodifikasi dengan berbagai variasi seperti bordir, payet-payet atau batu manik-manik sehingga terkesan mewah dan anggun.


 

(Vivi)

 

facebook twitter plus Danh mục
Tulis komentarinformasi poin
yogalagi06
pakaian tradisional indonesia yg paling keren :)
02:02:55, 10/01/2013
dheawara
Setiap negara mempunyai pakaian tradisional masing-masing dan mempunyai keistimewaan sendiri-sendiri. Indonesia pun juga begitu. Karena kaya akan budaya, Indonesia tak hanya mempunyai satu jenis pakaian tradisional saja, tapi beragam jenis pakaian tradisional sesuai dengan daerahnya masing-masing. Di setiap pakaian adat tiap daerah, pasti mempunyai nilai kebudayaan dan keistimewaan yang berbeda. Secara umum, pakaian adat wanita yang paling sering dipakai wanita Indonesia adalah Kebaya. Kebaya mencerminkan wanita Indonesia yang anggun, santun, dan berwibawa. Itulah yang menjadi ciri khas Indonesia :)
14:05:28, 02/11/2012
kimva4ever
buahaha, cowok pake rok~ *dijitak orang skotlandia*
sekarang baju-baju tradisional udah jadi modern semua ya.. jadi meskipun pakaian tradisional kita bisa tetep tampil gaya saat memakainya. kebayanya aja keren gitu~ yah, tapi semoga tidak mengurangi nilai sejarahnya ya ;)
aku paling penasaran sama hanbok dan kimono. semoga suatu saat aku bisa pakai kedua pakaian tradisional itu langsung dinegara asalnya~ amin! :))
15:27:28, 01/11/2012
yimz
yg paling modern dari persia yah?
tapi aku tetep cinta sama kebaya^^
selain itu dari dulu pengen bgt make kimono ama hanbok..
pake hanbok udh kesampean, lucu deh..
suka banget ama baju tradisional dari korea ini^^
menurut aku, kimono lebih rumit dari hanbok, bener gag sih? :)
20:23:49, 21/10/2012
MilhaELF
pakaian tradisional dari korea dan jepang itu hampir mirip yahh._.
11:02:20, 21/10/2012
puziyatni
setiap negara memiliki ciri khasnya masing masing mulai dari yang sederhana sampai yang ribet. suka banget sama kebaya karena mencirikan wanita indonesia yang anggun dan sopan ketika memakainya. Hanbok juga menjadi pakaian yang terkenal setelah korean wave makin merajalela. tapi ada pakaian yang lucu kaya dari skotlandia-inggris, uganda. yang tertutup pakaian dari persia mungkin karena dari timur tengah jadi sopan..  yang paling familiar dari belanda dan jepang.
12:36:54, 17/10/2012
Lynn08
paling lucu pakaian Skotlandia-Inggris.Di gambar, cowonya ganteng,berpenampilan necis pakai jas...tapi pakai rok..hehehe...
23:57:53, 16/10/2012
chyaRR
Memang ada kesan tersendiri ketika kita menggunakan atau sekedar melhat seseorang bangga dengan budaya nya. Saya sendiri merasakan hal demikian ketika melihat seorang student warga negara indonesia bangga memakai batik di foto lulusan suatu universitas di jepang. Begitu halnya ketika melihat teman saya dari program student exchange mencoba mengenakan kebaya.

Budaya yang tercermin dari keanggunan masyarakat-nya dalam berpakaian seperti sebuah pesan tersendiri yang tersimpan. Dari pengalaman pribadi yang saya alami, saat ini lebih banyak hanbok yang bertebaran di pasar maupun mall tapi alangkah lebih baik bahwa kita saar, dalam diri dan pikiran kita, bahwa mejaga budaya itu lebih penting. Mari leih sering mengenakan kebaya maupun batik. Buktikan kita bangga terhadap budaya sendiri! :)
16:06:46, 14/10/2012
900222210031
rasanya senang sekali melihat pakaian tradisional, terlihat bahwa setiap negara mempunyai ciri khas yang ditunjukan :')
12:11:41, 14/10/2012
yongmi32
setiap negara memiliki keunikan tersendiri dari pakaian tradisional mereka, terkadang dalam berpakaianpun memilki makna-makna yang terkandung yang menunjukkan pribadi negara tersebut, sehingga bisa menjadi simbol dari suatu negara.
01:57:38, 14/10/2012
12
Tentang Kami | Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi | Spam | Kontak Kami | Lokasi
Twitter TOP
Beauty in Stock
  • Trangchu
  • YES Point
  • YES Money
Recently
Viewed
Items()
UP
DOWN
TOP
  • 1
  • 2
  • 3